get app
inews
Aa Read Next : Wulan Guritno Gugat Sabda Ahessa ke PN Jaksel, Gegara Utang?

Golongan Manusia Bangkrut di Hari Hisab, Ini Penjelasan Buya Yahya

Selasa, 16 Agustus 2022 | 14:39 WIB
header img
Tangkapan layar kanal youtube Buya Yahya (Foto: Riant Subekti)

CIREBON,iNewsSemarang.id- Diriwayatkan dari sebagian ahli hikmah, seorang manusia pasti akan menghadapi empat nuhbah. Nuhbah adalah sesuatu yang bisa mengalahkan manusia. Seorang manusia pasti akan dikalahkan oleh 4 nuhbah tersebut, di antaranya  meliputi :

 

  1. Malaikat akan mengambil paksa ruh manusia
  2. Para ahli waris akan mengambil hartamu setelah mati
  3. Belatung akan memakan jasad di kuburan
  4. Khusoma akan menuntut.

 

Khusoma adalah orang yang memiliki hak atas orang yang menzaliminya. Karena telah mengambil hartanya, menggunjingnya dan memukulnya dan lain-lain. Semua orang pasti akan dituntut oleh orang  yang didzolimi

Orang yang memiliki banyak amal pun selama di dunia belum tentu akan dimudahkan dalam melewati hari hisab. Dalam menakar amal baik seseorang, perbuatan buruk juga bisa mengurangi pahala dari amalan tersebut.

“Banyak orang mempunyai amal baik, tapi tak menyadari hisab kan ada hitungan. Punya uang, lupa punya utang, kan musti bayar,” ucap Buya Yahya, di  kanal Youtube Al-Bahjah TV, dikutip Selasa  (16/8/2022).

“Kita gak sadar utang kita banyak. Bahkan Nabi pernah menyindir itu adalah orang paling bangkrut,” ujarnya lagi.

Selain itu, apa yang diperbuat di dunia hanyalah mengambil uang atau hak orang, menggunjing gosip, ataupun memaki orang lain. Tanpa disadari amalan dia habis untuk membayar orang terdzolimi tersebut.

“Kerjaan dia mengambil uang orang, menggunjing, memaki orang, ya gak akan ada amalannya,” tutur pendakwah yang kini menjajaki usia 49 tahun tersebut.

“Itulah bangkrut, buat bayar pahala ke orang yang didzolimi, walaupun banyak amal baik dia,” pungkas Buya Yahya. (mg arif)

 

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut