get app
inews
Aa Read Next : Update, 12.000 Kendaraan Masuk ke Semarang via GT Kalikangkung Usai Berlaku One Way

10 Wisata Kuliner Semarang Paling Legendaris, Nomor 2 Sudah ada Sebelum Indonesia Merdeka

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 21:53 WIB
header img
Soto Bangkong, salah satu kuliner legendaris di Semarang. Foto : Instagram

SEMARANG,iNewsSemarang.id- Kota Semarang memiliki ragam wisata kuliner yang cukup terkenal karena sudah dirintis sejak puluhan, bahkan ratusan tahun lalu. Tak heran, beberapa di antaranya sudah dikelola oleh generasi keempat. Pengalaman puluhan tahun ini yang menjadikan rasanya makin maknyus.

Menariknya, aneka kuliner yang tidak tergerus zaman ini justru dijual di lokasi yang tidak mewah, jauh dari kesan glamour.  Rata-rata dijual di warung sederhana. Karenanya, masyarakat akar rumput tak segan untuk datang menikmati kuliner.

 

Berikut Daftar 10 kuliner legendaris di Semarang :

  1. Soto Bangkong

Soto Bangkong sudah cukup terkenal di Semarang. Rahasia kelezatan soto ini terletak pada resep penggunaan ayam kampung  dalam kuahnya yang gurih. Selain itu, daging ayam kampungnya dipotong kecil-kecil untuk menyiasati tekstur alotnya. Untuk rasa, dijamin pasti top. Soto Bangkong berlokasi di Ruko Bangkong Plaza Jalan Brigjen Katamso no 1 Peterongan Kota Semarang. Soto Bangkong buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB

 

  1. Toko Oen

Toko Oen telah ada sejak 1936. Restoran yang ada di Jalan Pemuda nomor 52 ini menyajikan menu-menu campuran Eropa, Jawa dan Tionghoa. Di sini kamu dapat menikmati berbagai hidangan seperti bistik lidah sapi, lumpia Semarang, aneka es krim dan masih banyak lagi.

Uniknya, di restoran ini menyuguhkan interior klasik. Kamu seolah akan di bawa ke suasana masa lalu zaman kolonial Belanda. Harga hidangan di restoran ini bervariasi, mulai sekitar Rp15.000-Rp300.000. Untuk jam operasionalnya mulai pukul 10.00 -21.00 WIB setiap hari.

 

  1. Lumpia Gang Lombok

Lumpia di gang Lombok sudah sangat legendaris. Tempat makan ini berlokasi di Gang Lombok nomor 11 Purwodinatan, Semarang Tengah Kota Semarang. Pemiliknya, Purnomo Usodo, adalah generasi keempat.

Lumpia yang dijual di sini berisi rebung. Penyajiannya biasanya ditambahkan acar timun dan saus cocolan. Saat memesan makanan ini, kamu bisa memilih lumpia basah atau lumpia kering yang lebih garing. Harga satu lumpia Semarang sekitar Rp15.000. Untuk jam operasional dibuka setiap hari pukul 08.00 WIB.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut