get app
inews
Aa Read Next : Sederet Alasan Tak Dipakainya Bahasa Jawa sebagai Bahasa Nasional

4 Jenis Teks Eksplanasi, Lengkap dengan Contoh dan Penjelasan Strukturnya

Sabtu, 10 September 2022 | 10:35 WIB
header img
contoh teks eksplanasi beserta penjelasan strukturnya. ilustrasi/ist

3. Contoh Teks Eksplanasi Teoritis, Judul: Gempa Bumi

 [Pernyataan Umum]

Gempa bumi adalah getaran yang berasal dari dalam lapisan-lapisan kulit bumi hingga merambat sampai ke permukaan bumi. Gempa bumi merupakan bencana alam yang berkekuatan besar dan biasanya menimbulkan kerusakan yang merugikan.

[Rincian Penjelasan]

Penyebab gempa bumi ini terjadi akibat pergerakan lempeng. Bumi memiliki empat lapisan utama, yaitu inti dalam, inti luar, mantel dan kerak bumi. Lapisan kerak bumi bagian atas tidak semuanya utuh, namun seperti puzzle yang menutupi permukaan bumi. Para ilmuwan geologi menyebutnya sebagai lempeng tektonik.

Akibat dari rotasi bumi, lempeng-lempeng tersebut saling bergerak satu sama lain. Pergerakan lempeng tersebut membentuk batas lempeng yang disebut batas convergent (saling bertumbukan), divergent (saling menjauh), dan transform (saling berpapasan).

Dampak dari setiap gempa bumi sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti kedalaman gempa bumi, kondisi geologis, jenis tanah, kualitas konstruksi bangunan hingga kesiapsiagaan masyarakat.

[Simpulan]

Bencana gempa bumi tidak bisa diperkiraan kapan terjadinya. Semakin dekat sumber gempa bumi dengan pemukiman penduduk, maka membuat dampak yang dirasakan semakin besar.

4. Contoh Teks Eksplanasi Kausal, Judul: Banjir

 [Pernyataan Umum]

Banjir merupakan suatu peristiwa terbenamnya daratan yang terjadi secara alami atau sering diartikan sebagai tahapan air tinggi di mana air meluap ke tepi alami atau buatan di tanah yang biasanya kering. Banjir ini termasuk salah satu bencana alam yang paling sering terjadi di Indonesia. Banjir menyebabkan keadaan di mana suatu daerah atau wilayah tergenang oleh air dalam jumlah yang cukup besar.

[Rincian Penjelasan]

Banjir dapat terjadi karena diakibatkan oleh beberapa faktor seperti permukaan tanah atau dataran lebih rendah dibandingkan permukaan air laut, wilayah tanah atau dataran terletak pada daerah cekungan yang dikelilingi oleh perbukitan dengan sedikit daerah resapan air, pendirian bangunan tetap terletak di daerah bantaran sungai, dan banyaknya sampah-sampah yang menghambat aliran sungai.

Pembuangan sampah di daerah aliran sungai ini akan membuat sungai menjadi tersumbat oleh sampah sehingga menyebabkan banjir, sebab air akan keluar dari sungai akibat daya tampung saluran berkurang. Wilayah yang berada di sekitar sungai dapat menjadi penghambat aliran dan daya tampung sungai, karena seringkali populasi manusia dari wilayah yang berada dekat sungai tidak memperhatikan kebersihan sekitar dan menyebabkan banjir yang merembet hingga ke wilayah perkotaan.

[Simpulan]

Banjir merupakan bencana alam yang sudah seringkali terjadi oleh beberapa faktor hingga kelalaian manusia dalam menjaga kebersihan wilayah atau daerahnya masing-masing. Tidak sedikit wilayah yang mengalami kerusakan akibat terjadinya banjir. Oleh karena itu, kita harus selalu tetap hati-hati dalam menjaga kebersihan dan mempersiapkan bahwa bencana alam ini tidak bisa diprediksi kapan datangnya.

Itulah jenis-jenis teks eksplanasi lengkap dengan contoh dan struktur penjelasannya yang dapat dijadikan referensi belajar para siswa memahami soal-soal dalam Bahasa Indonesia.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut