get app
inews
Aa Read Next : Sederet Alasan Tak Dipakainya Bahasa Jawa sebagai Bahasa Nasional

4 Jenis Teks Eksplanasi, Lengkap dengan Contoh dan Penjelasan Strukturnya

Sabtu, 10 September 2022 | 10:35 WIB
header img
contoh teks eksplanasi beserta penjelasan strukturnya. ilustrasi/ist

Contoh Teks Eksplanasi Lengkap dengan Strukturnya

Setelah dijelaskan pengertian teks eksplanasi, ciri-cirinya, jenis-jenisnya dan struktur penulisannya; pada bagian ini akan dipaparkan beberapa contoh teks eksplanasi sederhana.

1. Contoh Teks Eksplanasi Squential, Judul: Metamorfosis Kupu-kupu

[Pernyataan Umum]

Metamorfosis merupakan suatu proses perkembangan biologi yang terjadi pada hewan dan melibatkan perubahan penampilan fisik atau struktur setelah kelahiran atau penetasan.

[Rincian Penjelasan]

Proses metamorfosis kupu-kupu sangat panjang dan membutuhkan waktu yang lama, namun perjalanan prosesnya cukup terbilang sederhana. Pertama, mulai dari sebuah telur pada daun yang diletakkan oleh kupu-kupu. Telur dapat menetas dalam waktu 3-5 hari menjadi larva.

Hal ini bertujuan agar daun tersebut dapat menjadi bahan makanan ulat tersebut hingga mencapai dewasa. Namun, ada juga ulat yang memakan cangkangnya sendiri. Bagian kulit ulat tidak elastis sehingga harus mengganti kulit bila tubuhnya membesar karena banyak makan.  

Kemudian, telur tersebut akan menjadi ulat atau larva. Ulat yang menjadi ketat akan mengalami pergantian kulit, seumur hidupnya ulat akan mengalami pergantian kulit sebanyak 4 kali. Saat ulat sudah memiliki tubuh dengan ukuran yang maksimal, maka dengan sendirinya ulat tersebut akan berhenti makan dan mencari tempat untuk berlindung. Umumnya, ulat akan meletakkan dirinya pada ranting atau daun.

Seiring berjalannya waktu, ulat tersebut akan menjadi pupa atau kepompong dengan struktur kulit yang keras, halus dan biasanya berwarna hijau, cokelat karena berkamuflase dengan lingkungan sekitarnya. Terlihat seperti kepompong yang sedang beristirahat, namun di dalamnya terjadi proses pembentukan serangga selama 7-20 hari.

Setelah waktunya tiba, pupa atau kepompong akan berubah menjadi kupu-kupu, proses menjadi kupu-kupu ini tergantung pada spesies kupu-kupunya.

[Simpulan]

Singkatnya, proses metamorfosis kupu-kupu mengalami beberapa fase. Fase pertama dalam metamorfosis kupu-kupu adalah telur dan fase kedua adalah ulat atau larva, fase ketiga adalah pupa, dan fase keempat adalah kupu-kupu.

2. Contoh Teks Eksplanasi Faktorial, Judul: New Normal

[Pernyataan Umum]

Era new normal dalam masa pandemi Covid-19 menjadikan manusia merubah gaya hidup sebelumnya. Ketika sebelum new normal, manusia tidak ada yang keluar rumah tanpa keperluan atau bisa dibilang semuanya serba online, mulai dari sekolah, bekerja, hingga berbelanja kebutuhan sehari-hari.

[Rincian Penjelasan]

Saat era new normal, sekolah, kantor, hingga supermarket membuat kebijakan mengenai berapa persen orang yang boleh masuk. Manusia merupakan makhluk individu sekaligus sosial. Keduanya saling melengkapi. Manusia itu cerdas dan melaksanakan dua fungsi individu dan sosial dengan baik. Namun, saat ini terdapat beberapa manusia yang memiliki sifat egoisme dan tidak mempercayai Covid-19, sehingga tidak patuh kepada peraturan yang telah dibuat.

Literasi yang kurang dilakukan oleh sebagian masyarakat ini akan berdampak negatif dalam menghambat keefektifan peraturan yang telah dibuat. Banyak sekali banner ataupun iklan yang menginformasikan dan menjelaskan untuk menggunakan masker, yaitu salah satu cara untuk menghambat penularan Covid-19. Wabah Covid-19 merupakan pelajaran penting bagi semua manusia. Bagi yang masih sehat, lebih baik terus mentaati peraturan yang ada dan bagi yang sudah pernah terpapar, lebih baik untuk terus berhati-hati dan ikuti peraturan dan jangan lengah.

[Simpulan]

Wabah Covid-19 tentu akan merubah cara berpikir kita semua. Semua diarahkan untuk mentaati peraturan yang telah dibuat agar kita sama-sama mencapai tujuan yang sama, yaitu mengakhiri masa pandemi Covid-19. Orang-orang yang selalu taat terhadap peraturan yang dibuat, maka dianggap telah lulus dari ujian kehidupan. Begitu pun sebaliknya, bagi kamu yang telah abai dan tidak taat peraturan, maka dianggap gagal dalam menghadapi musibah dengan bijak.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut