get app
inews
Aa Read Next : Sederet Alasan Tak Dipakainya Bahasa Jawa sebagai Bahasa Nasional

4 Jenis Teks Eksplanasi, Lengkap dengan Contoh dan Penjelasan Strukturnya

Sabtu, 10 September 2022 | 10:35 WIB
header img
contoh teks eksplanasi beserta penjelasan strukturnya. ilustrasi/ist

4 Jenis Teks Eksplanasi

Terdapat 4 jenis teks eksplanasi yaitu eksplanasi sequential, eksplanasi faktorial, eksplanasi teoritis, dan eksplanasi kausal. Untuk lebih paham, simak penjelasan lebih rincinya berikut ini:

1. Teks eksplanasi sequential

Sebuah teks eksplanasi sequential merupakan jenis penjabaran atau penjelasan yang menerangkan secara rinci tahapan demi tahapan satu fenomena terjadi. Contohya adalah urutan bernapas mulai dari menghirup udara, udara masuk ke hidung, kerongkongan, paru-paru, terjadi pergantian darah dan udara, lalu hingga keluar menjadi karbondioksida.

2. Teks eksplanasi faktorial

Jenis teks eksplanasi faktorial adalah penjabaran yang menerangkan akibat dan hasil dari proses yang berjalan. Misalnya adalah efek dari penjajahan.

3. Teks eksplanasi teoritis

Jenis teks eksplanasi teoritis merupakan sebuah penjabaran yang didalamnya terdapat spekulasi yang memungkinkan untuk terjadi pada sebuah fenomena. Misalnya gempa bumi yang bisa memicu adanya tsunami.

4. Teks eksplanasi kausal

Jenis tek eksplanasi kausal adalah penjelasan yang satu persatu menjelaskan penyebab atau asal dari satu perubahan yang terjadi. Misalnya adalah banjir di pemukiman padat penduduk.

Itulah jenis teks eksplanasi beserta penjelasannya yang lengkap. Teks eksplanasi memiliki 4 jenis yang masing-masing berbeda.

Struktur Penulisan Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi memiliki tiga struktur utama yang membangunnya yaitu fakta umum, penjelas, dan interpretasi. Berikut ini detail dari masing-masing struktur teks eksplanasi:

Fakta umum

Pada bagian ini, teks eksplanasi memaparkan fakta umum untuk mengawali penjelasan suatu topik. Bagian ini bisa disebut sebagai pengenalan singkat akan situasi yang sedang terjadi. Atau yang paling sederhana, ini adalah bagian pembuka sebuah penjelasan yang lebih rinci di bagian berikutnya.

Penjelas

Bagian penjelas memuat informasi yang berisikan sebab akibat mengapa satu kejadian atau fenomena bisa terjadi. Bagian ini disusun dengan baik agar dapat membuat pembaca paham akan urutan satu peristiwa terjadi dari awal mulanya hingga bagian akhirnya.

Interpretasi

Interpretasi bisa juga disebut sebagai kesimpulan. Keberadaanya sendiri tidak wajib namun interpretasi mengungkapkan pernyataan umum serta penjelas yang telah dibahas di bagian sebelumnya.

Itulah struktur penulisan teks eksplanasi. Sebuah teks eksplanasi yang baik setidaknya memiliki tiga elemen tersebut yaitu pembuka yang merupakan fakta umum, deretan penjelas, dan interpretasi sebagai penutup atau kesimpulan.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut