get app
inews
Aa Read Next : Potret Khidmatnya Tawur Agung Kesanga di Pura Agung Giri Natha Semarang

Bawaslu Kota Semarang Buka Pendaftaran Panwaslu Kecamatan Pemilu 2024

Kamis, 15 September 2022 | 16:29 WIB
header img
Kantor Bawaslu RI. Foto : dok SINDOnews

SEMARANG,iNewsSemarang.id- Bawaslu Kota Semarang di Jalan Taman Brotojoyo no2 Panggung Kidul Semarang Utara resmi membuka pendaftaran panwaslu kecamatan di Kota Semarang untuk Pemilu dan Pilkada 2024.

Penerimaan berkas pendaftaran akan dibuka mulai 21 -27 September 2022. Saat ini sampai dengan 21 September merupakan tahapan sosialisasi kepada masyarakat.

Rekrutmen pengawas Ad Hoc di tingkat kecamatan tersebut sesuai dengan Peraturan Bawaslu nomor 8 tahun 2019, yang merupakan amanat Undang-undang nomor 7 tahun 2017 Penyelenggara Pemilu.

Syarat umum calon panwaslu kecamatan adalah seorang WNI, berusia paling rendah 25 tahun, setiap kepada Pancasila sebagai dasar negara, mempunyai integritas, berkepribadian yang baik, jujur dan adil.

Berdomisili di wilayah kabupaten/kota dibuktikan dengan e-KTP. Tidak pernah dipidana dengan ancaman pidana maksimal lima tahun penjara atau lebih.

Tidak pernah menjadi tim kampanye salah satu tim pasangan calon presiden dan wakil presiden, DPR, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota dan bupati/wali kota atau gubernur dan wakil gubernur.  

Bersedia bekerja penuh waktu. Berpendidika minimal SMA atau sederajat. Tidak menjalin ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara pemilu dan mendapat izin dari atasan langsung jika PNS.

Anggota Bawaslu Kota Semarang Divisi Humas dan Datin, Arief Rahman mengingatkan bagi pendaftar yang menjalankan profesi lain, semisal di perkantoran negeri maupun perusahaan swasta, harus mendapatkan izin atasan.

“Kalau pekerjaan sifatnya wiraswasta dan tidak ada ikatan, itu bisa, tak masalah. Profesi lainnya, maaf, semisal usaha jualan, masih bisa diatur waktunya,” ucapnya.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut