get app
inews
Aa Read Next : PKS Ucapkan Selamat ke Prabowo-Gibran Meski Ada Ruang Gugatan di MK

Kim Jong Un Beri Ucapan Selamat Ulang Tahun kepada Vladimir Putin, Begini Harapannya

Jum'at, 07 Oktober 2022 | 15:25 WIB
header img
Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (kiri) berjabat tangan saat pertemuan mereka di Vladivostok, Rusia, pada 25 April 2019. Foto: Reuters

PYONGYANG, iNewsSemarang.id - Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un mengucapkan selamat kepada presiden Rusia Vladimir Putin yang berulang tahun tepat pada hari Jumat (7/10/2022) ini.Pemimpin Rusia tersebut kini telah resmi menginjak usia ke-70 tahun.

Dilansir dari kantor berita Korut, KCNA, Kim Jong Un menyampaikan harapannya kepada Vladimir Putin perihal pengembangan lebih lanjut hubungan antara Moskow dan Pyongyang.

“Anda telah membuat banyak pencapaian gemilang dalam rencana strategis besar untuk membangun Rusia yang kuat melalui berbagai aktivitas energik Anda, dengan memikul tanggung jawab berat kepala negara selama bertahun-tahun,” ungkap Kim, seperti dikutip kantor berita Korut, KCNA, hari ini.

Kim menyebutkan Putin layak memperoleh rasa hormat dan dukungan tinggi dari rakyat.

“Karenanya, Anda layak menikmati rasa hormat dan dukungan yang tinggi dari rakyat banyak,” imbuh pemimpin komunis itu lagi.

Kim menyatakan, Rusia secara andal mampu membela martabat dan kepentingan fundamental negara dari tantangan dan ancaman Amerika Serikat dan para kaki tangannya. Semua itu, menurut dia, tidak dapat diwujudkan tanpa kepemimpinan terhormat dan kemauan kuat Putin selaku pemimpin negara.

Kim mengatakan, dia bersukacita atas dukungan timbal balik dan kerja sama antara DPRK (Republik Demokratik Rakyat Korea—nama resmi Korut di panggung internasional) dan Rusia yang semakin kuat. Kedua negara terus mengembangkan hubungan persahabatan dan kerja sama bilateral tradisional ke tingkat yang lebih tinggi.

“Untuk mempertahankan perdamaian dan stabilitas regional serta mewujudkan keadilan internasional,” tegas Kim.

Pemimpin Korea Utara itu juga menyampaikan harapannya bahwa hubungan pribadinya dengan Putin akan memainkan peran yang lebih besar dalam mengonsolidasikan dan mengembangkan persahabatan Korut dan Rusia. Dia juga berharap Putin senantiasa berbahagia dalam kesehatan yang baik dan sukses besar dalam memimpin Rusia.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut