get app
inews
Aa Read Next : Salut! Pemuda Ini Keliling Desa Bersihkan Tempat Wudhu Masjid Pakai Uang Hasil Jualan Tahu

Bermodal Tabungan Uang Saku dari SMA Hingga Kuliah, Pemuda di Kendal Sukses Bertambak Bandeng

Rabu, 12 Oktober 2022 | 17:06 WIB
header img
Wahyu Fahyani (kiri) bersama temannya saat mengecek kondisi tambak Bandeng.(iNews/Agus)

 KENDAL, iNewsSemarang.id - Di era digitalisasi seperti saat ini sebagian besar pemuda sangat jarang untuk menekuni usaha di bidang pertanian, khususnya di tambak ikan. Pada umumnya, mereka banyak mengincar bisa bekerja di instansi pemerintahan maupun di sebuah perusahaan swasta.

Berbeda dengan Wahyu Fahyani (26), seorang pemuda di Desa Kalirejo Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal Jawa Tengah. Sebagai seorang pemuda dirinya tetap nekat untuk menekuni usaha sebagai seorang petani tambak di tambak yang awalnya sempat dikelola oleh orang tuanya.

"Sejak kecil saya itu sering diajak orang tua ke tambak usai pulang sekolah maupun saat libur sekolah. Dari kebiasaan ini akhirnya membuat saya menyukai untuk jadi seorang petani tambak," terang Wahyu saat ditemui di tambak yang dikelolanya, Rabu (12/10/2022).

Dia mengaku tidak malu untuk menjadi seorang petani meski saat memulai usahanya sempat dicibir banyak teman bermainnya. Cibiran itu dilontarkan karena pekerjaan di sebuah instansi pemerintah ataupun di sebuah perusahaan dinilai lebih bergengsi dibandingkan bertani tambak.

Jangankan dimasukkan ke hati dan menjadi sebuah beban, cibiran itu malah dianggapnya sebagai cambuk penyemangat bagi dirinya untuk menekuni usaha tambak yang membudidayakan ikan Bandeng ini.

Berbagai pengalaman yang didapati saat dirinya sering diajak ke tambak oleh orang tuanya akhirnya dijadikan sebuah ilmu saat tambak itu kini dikelolanya sendiri.

"Waktu masih di bangku SMA hingga kuliah saya tetap sering ikut Bapak ke tambak. Sedikit banyak saya mulai tahu ilmu bertambak Bandeng itu seperti apa. Dan kini berani untuk mengelolanya sendiri," tuturnya.

Bertambak Bandeng ditekuninya usai lulus kuliah tahun 2020 lalu. Hingga kini dia sudah 2 tahun lamanya dia menekuni usaha ini.

Editor : Agus Riyadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut