get app
inews
Aa Read Next : Mengenal 5 Jenis Kurma Cocok untuk Buka Puasa, Mana Paling Enak?

Ilmuwan Barat Klaim Temukan Terompet Sangkakala, Sama Dengan Penjelasan Hadis dan Alquran

Sabtu, 15 Oktober 2022 | 11:34 WIB
header img
Hasil pengamatan tata surya menggunakan Wilkinson Microwave Anisotropy Prob (WMAP) menunjukkan berbentuk seperti terompet. Foto : Ist

JAKARTA,iNewsSemarang.id- Kemajuan teknologi memungkinkan ilmuwan menemukan misteri yang ada di alam semesta. Baru-baru ini seorang ilmuwan barat mengklaim menemukan wujud dari terompet sangkakala. Dalam literatur Islam, terompet sangkakala akan ditiup malaikat Isrofil sebagai penanda datangnya hari kiamat.

Apa yang ditemukan oleh ilmuwan tersebut mirip dengan apa yang disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW dalam salah satu hadistnya. Di mana,  hadis dikatakan bahwa terompet sangkakala itu bulatasannya sangat luas, seperti langit dan bumi.

Dikutip dari YouTube Islam Populer, Sabtu (15/10/2022), Pro. Frank Steiner dari Universitas Ulm, Jerman, menemukan sesuatu yang sangat mencengangkan, d imana ia menyebut bahwa ter aaompet sangkakala itu adalah bumi beserta seluruh alam semesta.

Penelitiannya  menggunakan sebuah peralatan canggih milik NASA yang bernama “Wilkinson Microwave Anisotropy Prob” (WMAP). Menurut hasil observasinya terungkap jika alam semesta ternyata berbentuk seperti terompet.

Secara spesifik, WMAP mendeteksi bagian ujung belakang terompet merupakan alam semesta yang tidak bisa diamati dan masih berkaitan dengan peristiwa Big Bang yang terjadi 13 miliar tahun lalu.

Sementara di bagian depan menjadi lokasi di mana Bumi dan seluruh sistem tata surya berada, merupakan alam semesta yang masih mungkin untuk diamati atau observable.

Penemuan itu menegaskan kuasa Allah SWT karena bentuk terompet sangkakala itu sendiri sesuai dengan apa yang terdapat dalam literatur Islam dari hadis.

Dari Abu Hurairah RA menjelaskan, sabda Baginda Nabi Muhammad SAW mengenai bentuk sangkakala kala ditanya oleh para sahabat. “Ya Rasulullah apakah sangkakala itu?” tanya sahabat yang lantas dijawab Rasulullah, “Bagaikan tanduk dari cahaya,” kata Nabi.

Rasulullah SAW kembali menjelaskan: “Sangat besar bulatannya, demi Allah yang mengutusku sebagai Nabi, besar bulatannya itu seluas langit dan Bumi, dan akan ditiup hingga tiga kali. Pertama: Nafkhatul faza’ (untuk menakutkan). Kedua: Nafkhatus sa’aq (untuk mematikan). Ketiga: Nafkhatul ba’ats (untuk menghidupkan kembali atau membangkitkan).”

Dalam hadis yang juga tertera pada kitab Tanbihul Ghofilin, disebutkan bahwa sangkakala atau terompet malaikat Israfil itu bentuknya seperti tanduk dan terbuat dari cahaya.

Editor : Maulana Salman