get app
inews
Aa Read Next : Pengungsi Banjir Demak Telah Kembali ke Rumah, Genangan Tersisa di 4 Desa

Tawaran Adopsi Anak Korban Gempa Cianjur Berseliweran di Medsos

Jum'at, 25 November 2022 | 10:32 WIB
header img
Tawaran adopsi anak korban gempa Cianjur berseliweran di sosmed. Foto: Istimewa

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Akhir-akhir ini, informasi berupa tawaran untuk mengadopsi anak-anak pascagempa Cianjur berseliweran di media sosial (medsos) pada Senin (21/11/2022). Tawaran adopsi itu mengarah kepada anak-anak korban gempa Cianjur yang telah kehilangan orangtuanya.

Unggahan itu tersebar di beberapa status whatsapp, di sana tercantum narahubung yang turut menjembatani anak-anak Cianjur yang butuh diadopsi. 

Lilis Karlina (20) menjadi salah satu warga yang berminat untuk mengadopsi anak korban gempa tersebut. Ia, juga turut menerima informasi dari media sosial.

"Memang banyak banget informasi soal adopsi dari status WhatsApp, status Facebook. Lalu, aku bilang ke grup WhatsApp, kalau ada anak bayi yang perlu diadopsi dan orang tuanya sudah meninggal, boleh hubungi aku. Insyaallah aku sama keluarga bakal ngerawat. Kasihan, mereka masih kecil-kecil," kata Lilis saat dikonfirmasi, Jumat (25/11/2022).

Namun, Lilis yang berdomisili di Kecamatan Cikalongwetan, Cianjur ini masih ragu akan informasi tersebut. Sehingga Lilis ingin terjun langsung ke lapangan guna mencari anak sebatang kara korban gempa.

"Aku kan memang belum ke lokasi. Jadi, nanti aku mau turun langsung ke posko-posko pengungsian untuk ngasih bantuan, sekaligus mau lihat-lihat. Siapa tahu memang banyak anak yang butuh diadopsi," urainya.

Diketahui, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sebanyak 272 korban meninggal dunia akibat gempa Cianjur , Jawa Barat per Kamis (24/11/2022). Data tersebut masih akan terus diperbarui.

"Jumlah korban hari ini sejumlah 272 jenazah, dari 272 korban ini, yang sudah teridentifikasi yakni 165 orang. Yang masih kita telusuri 107 orang," kata Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto dalam konferensi pers.

Adapun untuk korban hilang sebanyak 39 orang. Meski demikian, hingga kini pihak BNPB beserta sejumlah elemen terkait masih melakukan pencarian.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut