get app
inews
Aa Read Next : Dukung Program Ketahanan Pangan, Lapas Terbuka Kendal Kembangkan Pisang Jenis Morosebo

5 Nama Desa Unik di Jateng Berikut Sejarahnya, dari Setan hingga Kebocoran

Rabu, 07 Desember 2022 | 09:04 WIB
header img
Desa Tutup di Blora, salah satu dari lima desa dengan nama aneh di Jawa Tengah. Foto : Twitter Arief Rochman

JAKARTA,iNewsSemarang.id- Setiap wilayah di Indonesia memiliki keunikannya masing - masing, mulai dari sejarah, bahasa, filosofi maupun kondisi daerah tersebut. Salah satunya di Jawa Tengah (Jateng). Jateng terletak di antara 5°40' -8°30' Lintang Selatan dan 108°30'- 111°30' Bujur Timur. Terbagi dalam 35 wilayah administratif, yang terdiri dari 29 kabupaten dan 6 kota. Jateng memiliki 75.037 desa dan menempati desa terbanyak se-Indonesia.

Desa-desa di Jateng memiliki nama desa unik dan terkesan aneh. Rupanya hal itu tidak terlepas dari legenda sejarah berdirinya desa tersebut yang diceritakan secara turun-temurun. Bahkan, ada desa unik karena namanya terkesan jorok. Desa-desa yang memiliki nama unik itu tersebar di beberapa kabupaten di antaranya Pemalang, Blora, Banyumas dan Kabupaten Pekalongan.

 

Berikut 5 desa atau dusun dengan nama unik dan aneh, diantaranya :

 

1. Dusun Setan

Salah satu dusun yang terletak di Desa Candiretno, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah ini memiliki nama yang cukup menyeramkan. Diketahui, dusun ini dihuni oleh sekitar 600 jiwa penduduk.

Menurut Aminatun (70) selaku tokoh masyarakat setempat, dusun ini merupakan salah satu dusun penganut Hindu di zaman dulu. Para penganut Hindu tersebut diberi nama Hindustan.

Namun sejak masyarakat memilih untuk memeluk syariat islam, kata 'Hindu' kemudian dihilangkan dan hanya tersisa kata 'Stan'. Dari kata itulah masyarakat lebih suka menyebutnya menjadi 'Setan'.

Kemudian Hindu-nya dihilangkan, tinggal Stan. Itu cerita dari kakek moyang kami," ungkap Aminatun yang biasa dipanggil Mbah Gemi itu.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut