get app
inews
Aa Read Next : Bonus Puluhan Miliar Rupiah Cair, Peraih Medali PON XXI Asal Jateng Semringah

5 Nama Desa Unik di Jateng Berikut Sejarahnya, dari Setan hingga Kebocoran

Rabu, 07 Desember 2022 | 09:04 WIB
header img
Desa Tutup di Blora, salah satu dari lima desa dengan nama aneh di Jawa Tengah. Foto : Twitter Arief Rochman

2. Desa Kebocoran

Desa Kebocoran merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Asal usul sebutan 'Kebocoran' bukan berarti menggambarkan kondisi rumah warganya yang seringkali mengalami kebocoran. Melainkan diambil dari peristiwa sejarah yang melatar belakangi terbentuknya desa tersebut.

Penamaan ini tak lepas dari kisah Babat Kamandaka yang melakukan perjalanan guna mencari seorang istri. Singkat cerita, dirinya berpura - pura menjadi rakyat biasa dan terlibat perkelahian dengan seorang pria yang tak lain adalah adik kandungnya

Status kekeluargaan yang tak diketahui keduanya, membuatnya melangsungkan sebuah perkelahian hingga membuat luka sayatan di bagian lambung Kamandaka. Luka tersebut pun dibasuh menggunakan air sungai.

Namun tampaknya darah segar terus mengalir dari lambung Kamandaka. Dari aliran darah itulah yang kemudian dinamakan 'Kebocoran', dan di sungai tersebutlah Desa Kebocoran akhirnya terbentuk.

 

3. Desa Tutup

Desa Tutup terletak di Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Nama desa ini bukan semata - mata diambil dari kondisi desanya yang telah tutup, melainkan dari nama sebuah tanaman yaitu Pohon Tutup / Trutup.

Selain itu, desa ini juga merupakan salah satu desa yang tertutup karena berada di daerah hutan. Karena itulah, desa ini kemudian dinamakan Desa Tutup.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut