get app
inews
Aa Read Next : Pemkot Semarang Gandeng KPK Cegah Korupsi Pengadaan Barang dan Jasa

Obok-Obok Ruang Kerja Gubernur Jatim, Firli Bahuri: KPK Tak Terpengaruh Kekuasaan Manapun

Jum'at, 23 Desember 2022 | 09:23 WIB
header img
Ketua KPK Firli Bahuri. Foto : tangkapan layar

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah selesai menggeledah ruang kerja Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan Wakilnya, Emil Dardak, pada Rabu (21/12/2022). KPK melakukan penggeledahan untuk mencari bukti tambahan.

Penggeledahan tersebut menindaklanjuti operasi tangkap tangan (OTT) Wakil Ketua DPRD Jatim, Sahat Tua P Simanjuntak (STPS), berkaitan dengan kasus dugaan suap alokasi dana hibah. Sahat Tua  P Simanjuntak sendiri sudah ditetapkan menjadi tersangka.

Ketua KPK, Firli Bahuri memastikan bahwa pihaknya bekerja profesional terkait penggeledahan di ruang kerja Gubernur Jatim dan Wakil Gubernur Jatim. Pihaknya juga tidak asal dalam menetapkan tersangka. Firli juga menekankan lembaga antirasuah bebas dari pengaruh kekuasaan manapun.

"KPK bekerja tidak pandang bulu, karena itu adalah prinsip kerja KPK. Namun harus diingat bahwa KPK tidak akan mentersangkakan seseorang kecuali karena perbuatannya atau keadaannya berdasarkan bukti permulaan patut diduga sebagai pelaku tindak pidana," kata Firli Bahuri kepada wartawan, Jumat (23/12/2022).

Firli menjelaskan, tugas dan kerja KPK diatur dalam Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 atas perubahan kedua UU Nomor 30 Tahun 2002. Dalam UU tersebut dijelaskan bahwa KPK adalah lembaga negara dalam rumpun eksekutif yang pelaksanaan tugas serta wewenangnya tidak terpengaruh kepada kekuasaan manapun.

"KPK bekerja profesional sesuai asas pelaksanaan tugas pokok KPK dan tidak terpengaruh kepada kekuasaan manapun," pungkasnya.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut