get app
inews
Aa Read Next : Luhut Dirawat di Singapura, Jokowi Tunjuk Erick Thohir Sebagai Menko Marves Ad Interim

Tak Perlu Obat, Simak 6 Tips Mudah Redakan Nyeri Migrain

Jum'at, 03 Februari 2023 | 09:03 WIB
header img
Ilustrasi migrain. (foto: Istimewa)

Semarang, iNewsSemarang.id-  Rasa sakit kepala sebelah sering disebut dengan migrain. Sensasi nyeri di kepala akibat migrain dapat menganggu kenyamanan seseorang beraktivitas. Belum lagi, migrain bisa menyerang siapapun dan kapanpun. Rasa sakit ini bisa terjadi dalam waktu yang singkat atau lama.

Sehingga penting untuk tahu cara mengatasinya agar nyeri migrain tak lagi menganggu kenyamanan beraktivitas.

Melansir dari situs Mayo Clinic, ada sejumlah cara yang mudah untuk redakan rasa nyeri akibat migrain. Berikut rangkumannya:

Tak Perlu Obat, Simak 6 Tips Mudah Redakan Nyeri Migrain

1. Tidur nyenyak: Kurangnya waktu tidur malam hari kerap memicu migrain. Coba untuk menjaga waktu dan kualitas tidur sehingga dapat meredakan bahkan mencegah nyeri migrain.

2. Makan teratur dan bergizi: Pastikan jika anda memiliki riwayat migrain, jangan sampai telat makan. Hal ini bisa memicu datangnya migrain. Jauhi makanan yang bisa memicu timbulnya migrain seperti keju, cokelat, alkohol, dan kafein melebihi batas wajar.

3. Olahraga teratur: Pastikan anda berolahraga teratur dan rutin, hal ini berdampak positif bagi tubuh. Karena selama beraktivitas fisik seperti olahraga, tubuh bisa melepaskan bahan kimia tertentu yang menghalangi sinyal rasa sakit ke otak. Bahan kimia ini bisa membantu mengurangi kecemasan dan depresi, dua faktor yang bisa memperburuk migrain.

4. Terapi suhu: Tak ada salahnya untuk mengompres panas atau dingin ke kepala atau leher. Es memberikan efek mati rasa, sehingga rasa sakit bisa hilang. Mandi air hangat atau berendam dipercaya memiliki efek redakan migrain.

5. Cari  tempat tenang: Anda bisa mencoba istirahat, bahkan jika perlu hindari semua aktivitas sejenak. Padamkan lampu karena sinar dan suara bisa memperparah nyeri migrain dan cobalah untuk tidur.

6. Minum-minuman berkafein: Mengonsumsi kafein dalam jumlah yang kecil bisa redakan nyeri migrain pada tahap awal. Kafein dipercaya sebagai booster efek pereda nyeri dari acetaminophen (Tylenol,dsb.) dan aspirin. Namun, pastikan mengonsumsi kafein sedikit saja.

(Mg/Shinta)

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut