get app
inews
Aa Read Next : Lalui Banyak Rintangan, Iqbal Akhirnya Melenggang ke DPRD Kendal

Sosialisasi Wawasan Kebangsaan, DPRD Kendal Ajak Pemuda Tingkatkan Rasa Nasionalisme

Jum'at, 10 Maret 2023 | 12:12 WIB
header img
Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Kendal, H Munawir. (Foto: ist)

KENDAL, iNewsSemarang.id - DPRD Kabupaten Kendal menekankan pentingnya sosialisasi wawasan kebangsaan untuk menumbuh suburkan nilai-nilai kebersamaan dan saling menghormati satu sama lain. Wawasan kebangsaan juga sangat penting untuk membangun karakter dan nilai ideologi bangsa dalam menciptakan persatuan dan kesatuan bangsa.

Penekanan ini disampaikan Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Kendal, H Munawir saat menjadi narasumber sosialisasi wawasan kebangsaan yang digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kendal di Gedung C Setda Kendal, Jumat (10/3/2023).

"Sosialisasi wawasan kebangsaan ini harus intens dilakukan kepada seluruh masyarakat, terutama generasi muda. Sehingga bisa menjadi solusi atas persoalan kebangsaan yang sedang dihadapi saat ini. Jangan sampai wawasan kebangsaan itu terputus generasi,” ungkapnya.

Selain itu menurut Munawir, sosialisasi ini bertujuan menanamkan kembali pentingnya kesadaran berbangsa pada generasi muda dalam mencegah perpecahan dan konflik sosial. Menurutnya generasi muda nantinya akan memegang estafet mengurus Indonesia menghadapi guncangan dan cobaan ke depan. 

"Paling tidak terdapat tiga hal yang perlu disiapkan oleh generasi muda yaitu etika, pengetahuan, dan tidak mudah menyerah," papar Politisi Partai PDI perjuangan.

Ditambahkan, pemahaman tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia harus selalu dipelihara. Dirinya berharap para peserta sosialisasi dapat menggunakan kesempatan ini sebagai tempat untuk menimba ilmu khususnya dalam rangka memelihara keutuhan NKRI.

"Tidak semua masyarakat bisa hadir di ruangan ini. Jadi panjenengan yang hadir di ruangan ini adalah orang-orang pilihan, dari beberapa desa yang ada di Kabupaten Kendal. Kami berharap para peserta yang hadir, untuk dapat menularkan pengetahuannya terkait wawasan kebangsaan kepada peserta yang lain yang tidak dapat hadir saat ini," imbuh Munawir.

Sementara, Anggota Komisi A DPRD Kendal, Rubiyanto menyampaikan, kegiatan wawasan kebangsaan ini sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan juga meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap optimalisasi pengembangan nilai-nilai kebangsaan.

"Melalui pemanfaatan wawasan kebangsaan kita dapat menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, serta menguatkan rasa nasionalisme atau rasa kebangsaan dan cinta tanah air kita" tutur Rubiyanto.

Editor : Agus Riyadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut