get app
inews
Aa Read Next : Kapan Lebaran Idul Adha 2024? Ini Versi Muhammadiyah

Ditangkap Bareskim, AP Hasanuddin Peneliti BRIN Alumni Teknik Elektro Undip Pecinta Astronomi

Senin, 01 Mei 2023 | 07:31 WIB
header img
Peneliti BRIN Andi Pangerang (AP) Hasanuddin. (Foto: Ist).
 

Profil Andi Pangerang Hasanuddin, Alumni Teknik Elektro yang Mencintai Astronomi

Mengutip laman resmi BRIN, Andi merupakan seorang peneliti BRIN di bagian Pusat Riset Antariksa. Jabatannya adalah sebagai Peneliti Ahli Pertama dengan pangkat/golongan Penata Muda III/a yang berstatus PNS. 
 
 
Andi merupakan sarjana Teknik Elektro lulusan dari Universitas Diponegoro tahun 2015, sebagaimana dilansir dari akun jejaring profesi LinkedIn. Kendati demikian, sebenarnya Andi ini adalah seorang 'pemuja langit'. Sejak kecil, alumni Undip itu suka memperhatikan langit senja, langit fajar, juga menikmati gerhana menggunakan teropong bintang.
 
Ketertarikan tersebut juga membuatnya masuk dalam 10 besar olimpiade sains dan astronomi tingkat SMA se-Jawa Tengah mewakili sekolahnya, SMA 1 Semarang. Meski dia tidak melanjutkan kuliah di jurusan yang berhubungan dengan antariksa, tapi minatnya itu tidak pernah surut. 
 
Andi pun mengembangkan minatnya melalui komunitas amatir. Andi pun menjadi astronom amatir berkat tingginya semangat belajar dan suntikan pengetahuan dari pembimbingnya Widya Sawitar yaitu tokoh penceramah senior di Planetarium Jakarta yang dijuluki 'bapak' komunitas astronomi amatir. 
 
Di kelas amatirnya, Andi berhasil mengembangkan beberapa platform penting. Beberapa diantaranya tentang perhitungan arah kiblat, gerhana, waktu sholat hingga hisab awal Hijriah.
 

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut