get app
inews
Aa Read Next : Antisipasi Covid-19, Dinkes Demak Imbau Masyarakat Taat Protokol Kesehatan

Resmi! WHO Umumkan Status Covid-19 sebagai Darurat Kesehatan Global Berakhir

Sabtu, 06 Mei 2023 | 06:24 WIB
header img
Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus. (Foto: IST)

JENEWA, iNewsSemarang.id – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) resmi mengumumkan status Covid-19 sebagai darurat kesehatan masyarakat global sudah berakhir pada Jumat (5/5/2023). Dicabutnya status darurat oleh badan PBB tersebut itu menjadi langkah besar menuju akhir pandemi yang telah menewaskan lebih dari 6,9 juta orang di seluruh dunia, dan mengguncang perekonomian banyak negara. 

Melansir dari Reuters, Komite Darurat WHO menggelar pertemuan pada Kamis (4/5/2023). Mereka merekomendasikan badan PBB tersebut untuk mendeklarasikan diakhirinya darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional terkait Covid-19. Status itu telah diberlakukan selama lebih dari tiga tahun.

“Oleh karena itu, dengan harapan besar saya menyatakan Covid-19 berakhir sebagai darurat kesehatan global,” kata Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus. 

Dia menekankan, berakhirnya keadaan darurat itu tidak berarti Covid berakhir sebagai ancaman kesehatan global.

Komite Darurat WHO pertama kali menyatakan Covid sebagai darurat kesehatan global lebih dari tiga tahun lalu, tepatnya pada 30 Januari 2020. Status tersebut membantu memusatkan perhatian internasional pada ancaman kesehatan, serta memperkuat kolaborasi dalam upaya pembuatan vaksin dan proses pengobatan untuk penyakit yang disebabkan virus corona itu.

Mencabut status tersebut menjadi tanda kemajuan bagi dunia di bidang-bidang tersebut. Kendati demikian, Covid-19 ke depan akan tetap ada, kata WHO, bahkan sekalipun statusnya bukan lagi darurat kesehatan.

“Covid telah mengubah dunia, dan itu telah mengubah kita. Dan memang seharusnya begitu. Jika kita kembali ke keadaan sebelum Covid-19, kita akan gagal untuk mempelajari pelajaran kita, dan mengecewakan generasi masa depan kita,” kata Ghebreyesus.

WHO tidak mengumumkan awal atau akhir pandemi, meskipun istilah Covid mulai digunakan pada Maret 2020.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut