get app
inews
Aa Read Next : Pemuda Kendal Raih Best Innovation Award Beasiswa Inovasia

Kajian Qira'at Minim, JQH NU Kendal Gelar Pembinaan Tahfizh dan Qira’ah Sab’ah

Minggu, 10 September 2023 | 07:15 WIB
header img
Peserta Ngaji Bareng Pembinaan Tahfizh dan Mudarasah Qira’ah Sab’ah, di Pondok Pesantren Miftahul Huda, Kwangsan, Magelung Kaliwungu Selatan, Kendal, Sabtu (9/9/2023).

Pengenalan Metode Fashohati langsung dari penyusunnya

Selain ngaji Qiraa’ah Sab’ah, peserta juga dikenalkan metode pengajaran al-Qur’an bagi pemula, yaitu metode Fashohati oleh penyusunnya langsung, KH. Baduhun Ahmad Badawi, ketua umum PC JQH Kendal.

Menurutnya, jauh sebelum metode Fashohati yang disusun tahun 2000-an tersebut telah ada metode tertua di tanah Jawa, yaitu metode Baghdadi, yang konon dibawa oleh Syaikh Subakir pada tahun 1300-an, kemudian dilanjutkan Syaikh Quro’, menantu Prabu Siliwangi, pada tahun 1400-an.

Pelatihan qira'at di pesantren rintisan ulama pentashih Qur'an pertama di Indonesia.

Ada hal menarik terkait pemilihan lokasi kegiatan para hafidz Qur’an tersebut, yakni di Pondok Pesantren Miftahul Huda, Kwangsan, Magelung Kaliwungu Selatan, Kendal. Pondok pesantren tersebut  merupakan rintisan KH. Ahmad Badawi, pentashih pertama di Indonesia. 

KH. Ahmad Badawi yang saat nyantri di Mekkah tinggal sekamar dengan KH. Munawir Yogyakarta tersebut, mempunyai santri qur'an seantero jawa. Dalam sanad tahfidz al-Qur’an, nama KH Ahmad Badawi tertera gagah di samping para kyai al-Qur’an yang tangga sanad. 

Kegiatan pembinaan qiraat Qur'an tersebut, menurut sang anak (KH. Baduhun Ahmad Badawi), juga digelar bertepatan haul tokoh Qur’an tersebut,“acara ini digelar sekaligus berbarengan dengan peringatan haul KH. Ahmad Badawi,” jelas KH. Baduhun Ahmad Badawi. 

Kegiatan tersebut diikuti para peserta perwakilan dari 20 Pimpinan Anak Cabang (PAC) JQH NU Kabupaten Kendal dan perwakilan dari pimpinan cabang JQH NU se Jawa Tengah.

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut