get app
inews
Aa Read Next : Ketua KPU Disanksi Bawaslu karena Terbukti Gelembungkan Suara Partai Golkar

Tak Undang Rektor, Guru Besar hingga BEM Undip Semarang Gelar Aksi Darurat Demokrasi

Rabu, 07 Februari 2024 | 12:24 WIB
header img
Guru besar hingga mahasiswa Undip Semarang menggelar aksi keprihatinan atas degradasi demokrasi dalam penyelenggaraan Pemilu 2024. (iNews.id)

"Hari ini kita melihat bagaimana nilai-nilai kehidupan berdemokrasi didegradasi secara terang-terangan, etika dan moral dan kehidupan berdemokrasi telah dirusak hingga mencapai titik nadir," kata salah satu sivitas akademika Undip saat membacakan sikap.

Mereka mendesak pemerintah kembali menjunjung etika dan moral. Tujuannya, untuk menyelamatkan kehidupan bernegara dan berbangsa.

"Untuk itu kami mendesak pemerintah dan mengimbau seluruh bangsa Indonesia untuk kembali menjunjung tinggi etika dan moral dalam berdemokrasi guna menyelamatkan kehidupan bangsa dan bernegara dari potensi kerusakan yang lebih parah, sekaligus meningkatkan mutu demi kemajuan bangsa," ujarnya.


Mahasiswa Undip mengikuti aksi bertajuk "Indonesia dalam Darurat Demokrasi" di Taman Inspirasi Undip, Kota Semarang, Rabu (7/2/2024). (iNews.id)

 

Sebelumnya Rektor Undip Prof Yos mengimbau untuk saling menghormati perbedaan pilihan politik. "Menyikapi pemilu yang berlangsung saat ini, kami mengimbau beberapa hal yaitu bahwa setiap orang memiliki hak secara konstitusional dalam demokrasi, menyampaikan pendapat di muka umum tanpa terkecuali. Tapi ingat, di dalamnya juga ada prinsip tanggung jawab," ungkap Prof Yos pada Jumat (2/2/2024).

Sebab itu, lanjut dia, masyarakat dipersilakan menggunakan hak-hak itu tetapi jangan memaksa pilihan orang lain untuk pilihan politik yang sama.

"Kami mengimbau dalam setiap masalah pesta demokrasi gunakanlah cara yang santun, yang benar sesuai ketentuan yang ada dan juga menghargai pilihan orang lain," imbaunya. 

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut