get app
inews
Aa Read Next : KPU Tunda RDP dengan Komisi II DPR, Jadwalkan Ulang pada 21 Maret 2024

Setelah KPU, Komisi II DPR Tetapkan 5 Nama Calon Anggota Bawaslu untuk Dilantik Presiden Jokowi

Kamis, 17 Februari 2022 | 06:56 WIB
header img
Komisi II DPR RI menetapkan 7 nama calon anggota KPU dan 5 nama calon anggota Bawaslu, yang selanjutnya akan diserahkan ke Presiden Jokowi untuk dilantik menjadi komisioner. Foto: Kantor Bawaslu/dok. Sindonews

Penetapan kelima nama calon terpilih tersebut dilakukan melalui pemungutan suara (voting). Sebelumnya, Komisi II DPR lebih dulu menggelar uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test). Untuk KPU diikuti sebanyak 14 calon, sedang Bawaslu sebanyak 10 calon. Para calon mengikuti sesi wawancara pada Senin (14/2/2022) hingga Rabu (16/2/2022).

Pemungutan dilakukan dalam dua sesi. Sesi pertama untuk menentukan calon anggota KPU, sedangkan sesi kedua untuk menentukan calon anggota Bawaslu.

Para kandidat dipilih berdasarkan musyawarah dan mufakat dalam rapat tertutup yang berlangsung 1,5 jam.

"Berdasarkan pertimbangan itu semua, pada akhirnya setelah kita melakukan simulasi berbagai hal, berbagai cara, kita putuskan, tetapkan urutan," kata Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia.

Diberitakan, sebelum penetapan nama calon anggota Bawaslu, Komisi II juga telah mensahkan tujuh orang menjadi calon Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) masa jabatan 2022-2027. Keputusan itu diambil setelah selesainya uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) yang diikuti oleh 14 orang.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut