get app
inews
Aa Read Next : Terungkap, Ini Alasan Anies Baswedan Batal Maju Pilkada Jabar 2024

Anies dan RK Foto Bersama di Tengah Panasnya Bursa Bacagub Jakarta, Sinyal Apa?

Jum'at, 07 Juni 2024 | 08:47 WIB
header img
Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menunjukkan keakraban mereka di perayaan Pesta Ulang Tahun atau Kings Birthday Party (KBP) Raja Charles III. Foto/Widya Michella Nur Syahida

Anies Baswedan Dilirik PKB dan PDIP

Sementara itu, Anies sudah mendaftar ikut proses Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) bakal calon gubernur Jakarta ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Hal itu diungkapkan oleh Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid. Meski pernah diusung PKB di Pilpres 2024, Anies harus tetap mengikuti tahapan untuk mendapatkan dukungan dari PKB di Pilgub Jakarta 2024.

"Ya kan Pak Anies elektabilitas masih tinggi kan, nanti ikuti apa yang menjadi arah desk Pilkada. Ya Pak Anies sudah daftar di DKI nanti dipanggil," ujar Gus Jazil, sapaan akrabnya, kepada awak media usai UKK Bacagub Sumatera Utara (Sumut) di Kantor DPP PKB, Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Selasa (4/6/2024).

Gus Jazil mengatakan, pihaknya akan mencari sosok yang berpeluang besar untuk menang di Pilgub Jakarta. "Sepanjang ini baru tingkat wacana. Pandangan orang per orang belum smpai pada keputusan. Karena keputusan itu banyak hal. Selain elektoral, visi, komitmen termasuk jaminan untuk menang. Jadi Pak Anies masuk di situlah. Kalau nyalon harus mengikuti mekanisme yang diatur oleh partai. Beliau sudah daftar di PKB," katanya.

Sementara itu, Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani mengakui sosok Anies menarik. "Menarik juga Pak Anies," kata Puan di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (4/6/2024).

Selain Anies, PDIP juga melirik Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan mantan Panglima TNI Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa maju di Pilgub Jakarta 2024. Hal itu dilontarkan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto.

Pernyataan Hasto sekaligus merespons pernyataan Ketua DPP PDIP Puan Maharani yang juga melirik eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menarik untuk diusung. "Mbak Puan kemarin menyebut Mas Anies itu menarik kemudian ada muncul nama Mas Pramono Anung," kata Hasto di Sekolah Partai PDIP, Jakarta Selatan, Kamis (6/6/2024).

Sekretaris Jenderal Partai Perindo Ahmad Rofiq mengatakan bahwa pemimpin Daerah Khusus Jakarta (DKJ) ke depan harus memiliki kapasitas di atas rata-rata. Sebab, ia menilai sosok Gubernur sebelumnya yakni periode 2017-2022, Anies Baswedan telah memberikan suasana yang lebih baik.

"Nah di sinilah pentingnya pemimpin yang punya kapasitas yang di atas rata-rata, kita melihat bahwa pimpinan sebelumnya (Anies-red) sudah memberikan suasana yang lebih baik," ujar Rofiq di Kantor DPP Perindo, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (5/6/2024).

Rofiq mengatakan bahwa Perindo yang dipimpin oleh Ketua Umum Hary Tanoesoedibjo itu ingin Jakarta menjadi lebih baik hingga perekonomian menjadi tumbuh lebih cepat. Selain itu, Jakarta akan tetap menjadi barometer Indonesia meski status Ibu Kota telah dipegang Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

"Tetapi kami berharap suasana ke depan menjadi lebih baik, perekonomian menjadi tumbuh lebih cepat dan kita berharap bahwa ukuran DKI menjadi barometer Indonesia itu akan terus terjaga," pungkasnya. (Arni Sulistiyowati)

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut