get app
inews
Aa Read Next : Dukung Bambang Pacul Maju Jateng 1, Relawan di Kendal Deklarasikan Dukungan

Angkat UMKM dan Kesenian di Senam Sehat, Dukungan untuk Mbak Tika Maju Kendal 1 Mengalir Deras

Minggu, 09 Juni 2024 | 19:45 WIB
header img
Posko pemeriksaan kesehatan gratis dimanfaatkan banyak peserta senam untuk memeriksakan kesehatannya.(iNews/Agus)

KENDAL, iNewsSemarang.id - Dukungan untuk Mbak Tika maju sebagai Calon Bupati (Cabup) Kendal semakin banyak didapatkan dari masyarakat. Hal ini terlihat saat acara senam sehat bersama Mbak Tika di halaman kantor Balaidesa Kutoharjo Kecamatan Kaliwungu, Minggu (9/6/2024).

Senam sehat ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan wanita bernama lengkap Dyah Kartika Permanasari selaku anggota DPRD Jawa Tengah dua periode dan kembali terpilih di Pileg kemarin. Senam ini dilaksanakan muter dari satu dapil ke dapil lainnya yang ada di Kabupaten Kendal dalam setiap pekannya.

Namun, pada pelaksanaan senam sehat kali ini agak berbeda. Upaya untuk melestarikan budaya kesenian dan memajukan UMKM sekitar juga dilakukan dalam acara senam sehat bersama Mbak Tika.

Tak hanya itu, pemeriksaan kesehatan gratis dengan mendatangkan dokter dan tenaga medis lainnya juga tak pernah luput saat acara senam dilaksanakan.

Mbak Tika menyampaikan, upaya mengangkat pelaku UMKM agar lebih sejahtera dilakukan dengan terlebih dahulu melihat sejumlah titik lokasi yang terdapat banyak UMKMnya.

"Di sini banyak pelaku UMKMnya. Dan tentu mereka akan terangkat secara otomatis, karena dengan banyaknya peserta yang hadir tentu berdampak pada hasil penjualan para pelaku UMKM," kata Mbak Tika.


Peserta senam sehat bersama Mbak Tika membludak.(iNews/Agus)

 

 

Dijelaskan Mbak Tika, senam sehat yang digelar biasanya hanya diikuti sekitar 300an peserta. Namun pada kali ini peserta membludak hingga mencapai 550. Hal ini diketahui dirinya berdasarkan data dari buku kehadiran para peserta senam yang didominasi emak-emak.

Terkait dengan kesenian tradisional, dia mengaku bahwa dirinya selaku anggota DPRD Jawa Tengah memikul tugas untuk terus melestarikannya sebagai warisan leluhur asli bangsa Indonesia.

"Sekarang itu jamannya IT. Anak-anak sangat senang sekali dengan handphone, hingga dapat dengan mudah melupakan kesenian. Makanya kita rawat kesenian seperti kuda lumping ini agar tidak punah," ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Sanggar Kesenian Turonggo Kiskendo Putro, Puput mengatakan, sanggar kesenian yang dikelola dirinya sudah berdiri puluhan tahun lamanya.

"Di sini saya sangat berterimakasih sekali kepada Mbak Tika yang telah memberikan perhatian lebih kepada kami pelaku kesenian. Tentu ini sangat bagus sekali untuk ke depannya agar kesenian seperti kuda lumping ini tidak mudah punah," ucapnya.

Di sisi lain, acara senam sehat yang bertabur doorprize ini juga disertai dengan aksi deklarasi dukungan dari peserta senam. Dalam deklarasinya mereka mendukung Mbak Tika maju sebagai Bupati Kendal periode 2025-20230.

 

Editor : Agus Riyadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut