get app
inews
Aa Read Next : Menkominfo Johnny G Plate Jadi Tersangka, Presiden Jokowi: Pltnya Pak Menko Polhukam

Mulai 30 April, TV Analog Tak Lagi Berfungsi! Beralih ke Siaran Digital

Jum'at, 18 Maret 2022 | 14:17 WIB
header img

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Secara bertahap, pemerintah mulai menghentikan siaran TV analog dan mengalihkan ke siaran digital. Pada tahap awal, pemerintah akan menghentikan siaran TV analog di 166 kabupaten/kota di Indonesia, mulai 30 April 2022 nanti.

Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rosarita Niken Widiastuti mengatakan, penghentian siaran TV analog terdapat tiga tahapan, tahap pertama dilakukan pada 30 April 2022, tahap kedua 25 Agustus 2022, dan tahap ketiga pada 2 November 2022.

Penghentian siara TV analog ini tertuang dalam Peraturan Menteri No. 11/2021 tentang perubahan atas Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 6/2021 tentang Penyelenggaraan Penyiaran.

Menurut Staf Ahli Menkominfo, Henry Subiakto, dengan TV digital akan membuat masyarakat dapat menikmati siaran TV yang berkualitas.

"Migrasi TV Digital juga merupakan bentuk perwujudan Pemerintah dalam melakukan transformasi digital," katanya dalam webinar bertema "Siaran Digital Dorong Kemajuan Bangsa", Kamis (17/3/2022).

Untuk mendapatkan siaran TV digital, masyarakat tinggal melakukan scanning ulang televisinya. Marketing Communication Evercoss, Aldiano Sikumbang, scanning bisa dilakukan jika perangkat TV di rumah sudah ada tuner standar DVB T2.

Namun jika belum ada tuner standar DVB T2, cukup menambahkan Set Top Box (STB) yang bersertifikasi lalu merangkaikannya dengan televisi.

"Setiap STB yang bersertifikasi, sudah pasti bisa menangkap siaran TV digital yang dapat dinikmati dengan gambar lebih jernih dan beresolusi tinggi,” katanya.

Dia mencontohkan STB Evercoss yang mengusung fitur advance. Perangkat ini dapat merekam siaran TV yang sedang tayang dengan perangkat External (flashdisk).

Selain itu, alat ini juga dapat terkoneksi menggunakan USB, HDMI, WIFI yang dioperasikan melalui remote control sehingga menghasilkan tayangan dalam format Full HD 1080p.

“Ini dapat terhubung ke semua tipe TV, baik tipe Smart TV maupun TV LED biasa. Bahkan perangkat ini juga dapat terhubung dengan TV tabung," katanya.

Cukup dengan menghubungkan kit converter dari HDM to VGA, masyarakat sudah dapat menikmati siaran digital di perangkat TV lawas.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut