get app
inews
Aa Read Next : Cegah Kematian Massal Terulang, Komnas HAM Imbau Petugas KPPS Tak Konsumsi Kopi Berlebihan

Lho, Starbucks Ternyata Impor Bahan Baku Dari Indonesia

Sabtu, 02 April 2022 | 20:15 WIB
header img
RI ekspor teh ke AS untuk pasokan starbucks (Foto: Reuters)

Penjualan komoditi teh ke Starbucks ini melanjutkan tren pada tahun-tahun sebelumnya.Tahun lalu penjualan ke Starbuck mencapai USD322.000. Berdasarkan data tersebut, Holding Perkebunan Nusantara mampu meningkatkan nilai kontrak penjualan teh sebesar 54% pada tahun 2022.

Starbucks memiliki standar pemenuhan kualitas yang tinggi, khususnya kelolosan uji mikrobiologi, tea tasting, dan keamanan pangan. Kedai kopi dan teh internasional ini mempercayai Laboratorium Eurofins (Eurofins) yang berlokasi di Jerman dalam pengujian teh produksi Holding Perkebunan Nusantara. Hasilnya, produk teh tersebut layak dan memenuhi standar kualitas yang dipersyaratkan.

“Kami telah melakukan pengapalan teh ke pusat Starbucks di Seattle, AS. Pengapalan tersebut dapat terlaksana setelah kami menerima hasil kelayakan dari Eurofins,” ujar Dwi Sutoro.

Beberapa tahun belakangan ini produk teh dari PTPN Group telah mendunia bersama Starbucks. Pencapaian ini tak hanya memperbaiki kinerja bisnis PTPN Group, namun juga memenuhi kebutuhan teh dunia dan menghasilkan devisa bagi negara.
“Kami bersyukur, Starbucks melanjutkan kontrak pembelian teh dengan Holding Perkebunan Nusantara. Sesuai data pemerintah tahun 2021, market share teh asal Indonesia secara global sebesar dua%. Keberhasilan kami mendapatkan buyer dari AS ini, akan menjaga kontribusi subsektor perkebunan terhadap total ekspor, serta melanjutkan tren surplus neraca perdagangan,” kata Dwi Sutoro.

Bersamaan dengan pembelian teh, Starbucks menyerahkan dana senilai Rp377 juta untuk tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dan Holding Perkebunan Nusantara berencana akan mengalokasikan dana tersebut pada program pemberdayaan wanita yang tinggal di sekitar kebun perusahaan.

Holding Perkebunan Nusantara optimistis ekspor komoditas teh kembali menunjukkan peningkatan yang pesat, terlebih karena perusahaan telah mampu memenuhi spesifikasi mutu dan persyaratan yang diminta oleh para buyer di luar negeri, maka ini dapat meningkatkan penetrasi pasar di dunia internasional. 

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut