Logo Network
Network

Sains Ramadhan: Mendeteksi Hilal Awal Puasa Dan Idul Fitri dengan Teknologi Visi Komputer

Moh. Miftahul Arief
.
Senin, 25 April 2022 | 10:25 WIB
Sains Ramadhan: Mendeteksi Hilal Awal Puasa Dan Idul Fitri dengan Teknologi Visi Komputer
ilustrasi pantau hilal. (Foto: NU Online)

Penulis: Masy Ari Ulinuha, M.T*

SEMARANG. iNewsSemarang.id - Dag dig dug itu selalu terjadi setiap tahun, tatkala kita menunggu keputusan pemerintah mengenai awal Ramadhan maupun penentuan Hari Raya Idul Fitri. Harap-harap cemas menunggu di depan televisi, tak kunjung terdengar kabar satu daerah pun yang telah berhasil melihat hilal. 

Untuk diketahui melihat hilal hari pertama Ramadhan maupun Syawal bukanlah perkara yang mudah. Bulan sabit tanggal satu itu begitu tipisnya. Sering juga dia bersembunyi di balik awan. Belum lagi sisa pancaran sinar matahari yang baru saja terbenam berpotensi mengganggu pandangan mata.
Padahal pengamatan hilal itu sangat vital, tampak atau tidaknya hilal akan menentukan ritual ibadah yang wajib kita lakukan. Dengan terlihatnya hilal kita memulai puasa Ramadhan, begitu halnya ketika mulai berhari raya Idul Fitri. 

Ditambah lagi rencana-rencana perjalanan yang butuh keputusan yang cepat dan tepat. Karena itu diperlukan solusi yang dapat membantu pengamatan hilal dengan lebih cepat dan dengan hasil yang dapat dipercaya. Teknologi visi komputer menawarkan alternatif solusi dari permasalahan ini.

Saat ini telah ada teknologi cerdas Visi komputer, dengan teknologi ini memungkinkan komputer untuk memahami fakta visual di sekitarnya. Pengamatan dan pendeteksian hilal termasuk salah satu objek bahasannya. Dengan menggabungkan antara hardware dan software, visi komputer bisa menjadi alat bantu yang sangat vital dalam pendeteksian hilal. 

Follow Berita iNews Semarang di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.