get app
inews
Aa Read Next : Selamat! UIN Walisongo Semarang Lepas 1518 Wisudawan, 1047 Diantaranya Lulus Tepat Waktu

Sains Ramadhan : Menguak Sisi Lain Gempa Bumi, Pesan Tersembunyi Sang Khaliq

Sabtu, 30 April 2022 | 22:47 WIB
header img
Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Istimewa)

Gempa bumi dipahami oleh sebgian besar orang hanya sebagai musibah yang selalu meninggalkan kerugian bagi manusia sehingga tidak ada satu pun manfaat atau sisi positif yang bisa diperoleh dari gempa bumi. Hal ini wajar karena kebanyakan kita hanya melihat dampak yang ditimbulkan, jarang yang mau mengkaji secara mendalam mengapa Allah SWT “perlu” menciptakan gempa bumi. Padahal, jika kita mau merenung kembali mengapa gempa bumi ini terjadi, kita akan melihat betapa luas rahmat Allah yang diberikan kepada kita melalui gempa bumi. Berikut ini beberapa hikmah atau pesan tersembunyi di balik peristiwa gempa bumi.

1. Gempa bumi memunculkan gunung-gunung, daratan, dan palung samudera sehingga memberikan bentuk muka bumi yang beragam. Andaikan tidak ada gempa bumi, maka kita tidak dapat melihat betapa indahnya gunung, perbukitan, lautan, danau, dan bentuk muka bumi lainnya.

2. Gempa bumi memberikan informasi tentang struktur bumi dan lapisan batuan di bawah permukaan bumi. Informasi ini diperoleh dari data perekaman gempa bumi, seperti episenter, magnitudo, kecepatan gelombang gempa, dan sebagainya. Informasi inilah yang kemudian dianalisis oleh manusia untuk merancang konstruksi bangunan tahan gempa dan menyusun sistem peringatan dini dan mitigasi gempa bumi.

3. Gempa bumi memperkaya nutrisi dalam tanah, mengonsentrasikan mineral batuan, mengatur suhu bumi, dan menjaga keseimbangan kimia laut. Demikianlah pesan tersembunyi yang disampaikan Allah SWT melalui peristiwa gempa bumi. Semoga kita selalu berbaik sangka (husnudzan) kepada-Nya dalam menghadapi setiap peristiwa yang terjadi agar kelak kita menjadi orang-orang yang lebih bijaksana. Wallahu ‘alam bisshawab

*Dosen Pendidikan Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Walisongo Semarang

Serial artikel Sains Ramadhan merupakan kerjasama iNewsSemarang.id dengan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut