get app
inews
Aa
Read Next : Tempat Wisata di Jogja yang Buka Saat Libur Lebaran

5 Tempat Wisata di Semarang Ini Cocok untuk Libur Lebaran

Selasa, 03 Mei 2022 | 20:36 WIB
header img
Kawasan Kota Lama Semarang. Foto: Ist

SEMARANG, iNewsSemrarang.id – Rekomendasi tempat wisata di Semarang yang cocok dikunjungi saat libur Lebaran 2022. Untuk mengisi waktu libur lebaran, Semarang bisa menjadi pilihan karena di Kota Loenpia ini tersedia banyak destinasi wisata untuk dikunjungi bareng keluarga.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini rekomendasi tempat wisata di Semarang, cocok untuk merayakan Idul Fitri.

1. Kota Lama
Kota Lama Semarang merupakan salah satu ikon wisata di Kota Semarang, Jawa Tengah. Tempat wisata yang dijuluki Little Netherlands ini menyuguhkan bangunan-bangunan bergaya arsitektur Eropa tahun 1700-an.

Pada awalnya, kawasan Kota Lama Semarang ini merupakan bagian dari benteng Vijhoek seluas 31 hektar yang mengelilingi kompleks tempat tinggal Belanda sebagai bentuk pertahanan. Lalu setelah Indonesia merdeka, kawasan Kota Lama ini menjadi salah satu Cagar Budaya terluas di Semarang.

Di kawasan ini, terdapat banyak ikon-ikon Kota Semarang yang terkenal seperti Gereja Blenduk, pabrik rokok, stasiun dan lain sebagainya yang tentunya masih bergaya khas bangunan Eropa masa lalu.

Lokasi Kota Lama Semarang berada di Kecamatan Semarang Utara, tepatnya Tepi Sungai Mberok di wilayah Tanjung Mas Kota Semarang. Lokasinya strategis, bisa ditempuh dari kawasan pusat kota Simpang Lima ke arah Stasiun Kereta Api Tawang dengan jarak tempuh sekitar 4 km atau 5-10 menit dengan kendaraan roda dua atau roda empat. Kamu bisa juga menyewa kereta kuda dari arah Simpang Lima ke Kota Lama sambil menikmati suasana kota Loenpia.

2. Desa Wisata Lerep

Desa Wisata Lerep masuk dalam daftar wisata unggulan yang disiapkan pemerintah Kabupaten Semarang dalam menghadapi musim libur lebaran tahun 2022.

Berada di lereng Gunung Ungaran, Desa Wisata Lerep menyuguhkan suasana pegunungan dengan udara sejuk serta pemandangan yang memanjakan mata. Di sini wisatawan dapat mencoba berbagai jenis wisata, mulai dari wisata Edu-Ecotour, wisata alam, wisata budaya, hingga wisata kuliner yang mengusung tema jajanan tempo dulu.

Lokasi menuju Desa Wisata Lerep cukup strategis. Pengunjung dari luar kota dari exit tol Ungaran menuju ke lokasi sekitar 6 km atau dengan waktu tempuh sekitar 15 menit.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut