Ada Pesta Rakyat Terima Kasih Jawa Tengah, Jalan Pahlawan Semarang Ditutup

Ahmad Antoni/Arni Sulistiyowati
Pengalihan arus lalu lintas akses menuju Jalan Pahlawan Semarang yang digunakan acara Pesta Rakyat Terima Kasih Jawa Tengah. (Foto: Jatengprov.go.id)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Ajang pesta rakyat bertajuk Terima Kasih Jawa Tengah dalam rangka melepas purna bakti Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen sebagai gubernur dan wakil gubernur Jateng akan digelar di kompleks Kantor Gubernur Jateng, Selasa (5/9/2023). Dua lajur Jalan Pahlawan, Kota Semarang, tepatnya di depan Kantor Gubernur Jawa Tengah akan ditutup selama pesta berlangsung.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang, Danang Kurniawan, menjelaskan, adanya penutupan ruas di jalan protokol di depan Kantor Gubernur Jateng. Hal itu karena panggung acara direncanakan di sekitar Jalan Pahlawan. Selain itu, acara tersebut akan dihadiri lebih kurang 50.000 orang.

Ia menyebut, akan ada pengalihan di Jalan Pahlawan, mulai dari Rimba Graha hingga bundaran akan ditutup, untuk lokasi acara.

“Pengalihan arus lalu lintas, dimulai pada Senin malam (4/9), kondisional sekitar pukul 22.00-24.00. Ini karena ada aktivitas bongkar muat di sekitar ruas Jalan Pahlawan. Pengalihan arus akan dilanjutkan hingga Selas (5/9), guna pembersihan area,” katanya dikutip dari laman resmi Pemprov Jateng.

Oleh karena itu, masyarakat diimbau menghindari Jalan Pahlawan atau mencari alternatif jalan lain. Danang menyebut, telah menyiagakan 70 petugas dari Dishub Kota Semarang di titik-titik yang telah ditentukan. Selain itu, petugas juga berasal dari unsur kepolisian.

Terkait lokasi parkir, telah disiapkan sejumlah tempat. Di antaranya, di bekas Wonderia berkapasitas 70 bus/ truk, TBRS berkapasitas 10 bus, Taman Makam Pahlawan berkapasitas 25 bus sedang.

Selain itu, ada kantong parkir Lapangan Garnisun berkapasitas 25 bus/truk sedang, serta lokasi parkir di sepanjang tepi Jalan dr Cipto yang diperkirakan dapat menampung sekitar 120 bus/ truk.

Danang menjelaskan, nantinya akan diberlakukan sistem drop off (titik turun), bagi peserta acara. Mereka diturunkan di dekat lokasi acara, untuk kemudian meneruskan perjalanan berjalan kaki. Sementara, kendaraan pengantar akan diarahkan menuju kantong-kantong parkir yang telah tersedia.

Untuk kendaraan pribadi, disediakan kantong parkir di kompleks Tri Lomba Juang dan sepanjang tepi Jalan Tri Lomba Juang (sejajar satu lapis). Adapula lokasi parkir mobil pribadi di SMA Negeri 1 Semarang, dan sepanjang tepi jalan Taman Menteri Supeno (sejajar satu lapis).

“Untuk kendaraan pribadi yang parkir di Tri Lomba Juang, disediakan mobil golf yang akan mengantar ke lokasi acara,” paparnya.

Lalu, bagaimana dengan pegawai yang bekerja di sekitar Jalan Pahlawan? Mereka dipersilakan mengakses jalan alternatif yang ada di ruas jalan tersebut, seperti di Jalan Imam Bardjo dan Jalan Kusumawardani.

Editor : Maulana Salman

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network