10 Fakta Kecelakaan Maut Bus Rosalia Indah di Tol Pemalang-Batang, Nomor 7 Penumpang Teriak Ya Allah

Tim iNews.id
Bus PO Rosalia Indah kecelakaan di Tol Pemalang-Batang, Kamis (11/4/2024). (Foto: Dok Polda Jateng)

7. Penumpang Terkejut Teriak Ya Allah 

Penumpang bus yang selamat Ida mengatakan, dia berangkat bersama suami dan anaknya dari Bekasi menuju Jombang, Jawa Timur. Saat detik-detik kengerian, para penumpang banyak yang sedang tidur terkejut karena bus sudah mengalami kecelakaan. "Posisi kami penumpang banyak yang lagi tidur. Tahu-tahu pada teriak ya Allah, bus sudah tabrak pembatas jalan," ujarnya dalam perawatan di RSI Weleri, Kamis (11/4/2024). 
Dia mengaku sepanjang perjalanan memang sudah merasa tidak nyaman dalam bus. Bus yang kecelakaan ini juga merupakan bus pengganti, sebab bus awal yang mereka tumpangi mengalami masalah. "Tadi kami awalnya naik kelas eksekutif plus, terus ada kerusakan di km 227. Setelah 3 jam menunggu datang bus pengganti ini. Sejak awal jalan udah gak enak, gajluk-gajluk gitu. AC juga gak nyala hanya ada kipas," katanya.

8. Heli Mendarat di TKP Kecelakaan

Ada momen tak terduga di lokasi kecelakaan maut Tol Batang-Semarang, tepatnya di Km 370-200, Kamis (11/4/2024) pagi. Sebuah helikopter mendarat di TKP kecelakaan Bus PO Rosalia Indah yang menewaskan tujuh orang. Kedatangan helikopter ini mengejutkan pengguna kendaraan arah Semarang yang terjebak macet akibat kecelakaan bus tersebut. Dengan cepat videonya pun viral di media sosial.
"Momen helikopter mendarat di sekitar lokasi laka Bus Rosalia TOL Batang pada Kamis (11/4) pukul 11.00 WIB. Ada yang tahu info tentang helikopter ini?," tulis @batanghelp dikutip Kamis (11/4/2024). Unggahan ini pun ramai dengan rasa penasaran netizen dari menanyakan jumlah korban sampai dampak kemacetan akibat kecelakaan.
Belakangan terungkap helikopter tersebut milik Polri. Hal ini terlihat dari bagian pesawat yang ada tulisan polisi. "Heli Polri min, memang disiapkan utk ambulance udara," tulis @damkarmat_kotapekalongan.
"Punya polri, ada tulisan polisi di bawah helikopter," tulis @pranatarico.

9. Dua Anak dan 1 Bayi Jadi Korban

Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan memastikan tujuh orang tewas dalam kecelakaan maut di Tol Batang-Semarang, tepatnya di Km 370-200, Kamis (11/4/2024) pagi. Bus PO Rosalia Indah oleng lalu menabrak pembatas jalan dan masuk parit sejauh 200 meter. Di antara ketujuh korban tersebut, dua orang di antaranya merupakan anak-anak. Ada juga seorang bayi turut meninggal dalam peristiwa tersebut.
"Korban meninggal dunia empat perempuan dan tiga laki-laki. Kemudian dua anak dan satu bayi yang berjenis kelamin perempuan," ujar Aan di RSI Kendal, Kamis (11/4/2024). 

10. Kakorlantas Polri Ungkap Dugaan Penyebab Kecelakaan

Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan menyatakan polisi tengah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) kecelakaan Bus Rosalia Indah yang menewaskan tujuh penumpang di Km 370 Tol Batang, Jawa Tengah, Kamis (11/4/2024). Dugaan sementara penyebab kecelakaan tersebut akibat sopir mengalami microsleep.  "Jadi sementara olah TKP sedang berlangsung dari tim TAA (Traffic Accident Analysis) Polda Jateng dan polres untuk menentukan penyebab peristiwa kejadian kecelakaan ini," kata Aan saat konferensi pers di RSI Kendal, Jawa Tengah, Kamis (11/4/2024). 
Berdasarkan keterangan sementara, kata Aan, sopir bus mengaku kelelahan saat mengemudi. Dia menduga sopir mengalami microsleep saat mengemudi di TKP. "Keterangan dari saksi, terutama pengemudi bus ini keterangannya adalah memang dari awal sudah lelah. Jadi kemungkinan terjadi microsleep di TKP, sehingga terjadi kecelakaan tunggal," katanya. 

Editor : Ahmad Antoni

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network