Pilkada Kendal, Tiga Bacabup Daftar di PKB, Salah Satunya Wabup Basuki

Agus Riyadi
H Windu Suko Basuki saat menyerahkan berkas pendaftaran calon kepala daerah ke Ketua DPC PKB Kendal, Muhammad Makmun.(iNews/Agus)

 

KENDAL, iNewsSemarang.id - PKB sebagai partai pemenang di Kabupaten Kendal pada Pileg 14 Februari kemarin banyak dilirik para kandidat Bakal Calon Bupati (Bacabup) untuk maju di Pilkada 2024. Hal ini terbukti dengan banyaknya kandidat bacabup yang mendaftar lewat partai tersebut.

Ketua DPC PKB Kendal, Muhammad Makmun menyampaikan, hingga hari ini, Selasa 14 Mei 2024, setidaknya ada 3 kandidat yang telah mendaftar di PKB untuk maju Pilkada Kendal.

"Sudah ada 3 orang yang daftar. Yang 2 daftar lewat sistem atau aplikasi Sicada dan satu lagi, yakni hari ini Pak Wabup Basuki," kata Makmun.

Makmun membeberkan, dalam penjaringan calon kepala daerah, PKB membuka pendaftaran seluas-luasnya bagi masyarakat dengan menggunakan 2 mekanisme. Yang pertama dilakukan secara online dan yang kedua menyerahkan berkasnya langsung ke DPC PKB Kendal.

Terkait dua orang pendaftar yang mendaftar secara online tidak disebutkan Makmun secara rinci siapa dua tokoh tersebut. Dia hanya menyampaikan bahwa pihaknya saat ini sedang melakukan komunikasi dengan dua tokoh tersebut.

"Masih terus kita komunikasikan dan sampai saat ini belum datang ke DPC PKB," ungkapnya.

Dia menjelaskan, setelah pendaftar menyerahkannya berkasnya ke DPC kemudian berkas tersebut diserahkan ke DPP akan dilakukan sejumlah tahapan hingga diterbitkannya rekomendasi. 

"Namun yang jelas, rekomendasi itu sepenuhnya adalah hak DPP," tegasnya.

Meski demikian, dia menyebut bahwa, PKB sebagai partai pemenang di Kabupaten Kendal memiliki sebuah kepentingan besar, yakni bupati terpilih sesuai yang ditekankan DPP harus yang diusung PKB.

Sementara itu, H Windu Suko Basuki usai menyerahkan berkas pendaftaran menyampaikan bahwa, dirinya sebagai kader Partai Demokrat menyatakan kesiapannya untuk maju sebagai kontestan di Pilkada Kendal 2024 sebagai Bacabup melalui PKB yang merupakan partai pemenang di Pileg kemarin.

"Tentu yang saya lakukan ini sesuai dengan kebijakan dari atas yang menyatakan saya maju harus berkoalisi," terangnya.

Basuki berharap, di Pilkada tahun ini dirinya bisa maju bersama PKB yang merupakan partai pemenang. "PKB ini partai pemenang. Menang di Pileg ya tentu bisa dengan mudah menang di Pilkada nanti," pungkasnya.

 

 

Editor : Agus Riyadi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network