Ini Perbedaan Glamping dan Camping, Lebih Asyik yang Mana?

Titi Sutinah Apridawaty
Deretan glamping di wilayah hutan pinus Purworejo. (foto Dok A.Antoni)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Glamping dan camping, aktivitas outdoor yang banyak diminati masyarakat. Meski sama-sama mengusung konsep berkemah di alam terbuka, namun sejatinya dua aktivitas tersebut punya perbedaan yang mendasar. 

Glamping yang merupakan gabungan kata dari glamorous dan camping merupakan konsep berkemah baru. Dikutip dari kamus Merriam Webster, arti glamping adalah berkemah dengan fasilitas dan kenyamanan yang biasanya tidak digunakan saat berkemah, seperti tempat tidur dan listrik. 

Fasilitas dan tingkat kenyamanan itulah yang menjadikan pengalaman berkemah dengan glamping menjadi lebih mewah dibandingkan dengan camping biasa. Wisata glamping ini biasanya juga berada di lokasi pegunungan nan indah serta memiliki akses kendaraan yang mudah dicapai.

Glamping menjadi tren wisata yang diminati belakangan ini. Kegiatan tersebut diyakini mampu menyegarkan pikiran, karena Anda bisa bersantai sambil memandangi indahnya pemandangan hijau tanpa harus bawa banyak peralatan seperti halnya ketika ingin camping. 

Hal ini jugalah yang menjadi salah satu perbedaan glamping dan camping. Nah, untuk mengetahui lebih banyak perbedaan glamping dan camping, simak ulasan berikut ini, yang dirangkum dari berbagai sumber.

Perbedaan Glamping dan Camping 

1. Lokasi dan Tempat Tidur Camping: 

berkemah di tenda yang dibawa sendiri dan memasangnya di lokasi terpencil untuk menikmati alam. Berkemah di tenda ini menggunakan kantong tidur sebagai alas tidur di atas tanah. Glamping: berkemah di tempat yang menyerupai tenda ataupun unit yang dibangun di lingkungan alami dengan fasilitas seperti kulkas dan listrik. Lokasinya biasanya hanya beberapa meter dari restoran dan tempat wisata. Tempat tidur di glamping adalah kasur nyaman dengan seprei bersih. 

2. Ketersedian Makanan dan Minuman Camping: 

kalau mau makan atau minum kopi, Anda harus memasak sendiri dengan mengumpulkan kayu bakar untuk memanggang bahan makanan di atas api, maupun memasak air untuk menyeduh kopi. Glamping: makanan yang disantap adalah makanan rumahan yang sudah disediakan pengelola glamping. Begitu pun dengan minuman, bisa didapat dengan mudah.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network