Kisah van Gogh Pelukis Besar: Gangguan Jiwa Akut, Lukisannya Tak Laku dan Tak Terkenal Semasa Hidup

Sazili Mustofa
Vincent van Gogh adalah pelukis yang lukisan-lukisannya sangat terkenal dalam sejarah seni. Foto: Istimewa

Kebiasaan makan cat dan minum terpentin

Vincent van Gogh terkenal memakan cat minyak dan meminum cairan terpentin agar lebih "bahagia". Nyatanya, bukan itu alasan Van Gogh memakan dan meminum benda berbahaya tersebut. Van Gogh sebenarnya ingin mengakhiri hidup.

Setelah insiden potong cuping pada 1889, ia memutuskan untuk dirawat di Saint-Rémy. Sempat memburuk, Van Gogh mencoba memakan cat minyak dan meminum terpentin untuk mengakhiri hidup.

Untungnya, dokter angkatan laut Prancis yang merawatnya, dr. Théophile Peyron, berhasil menghentikan van Gogh. Oleh karena itulah, aktivitas studio van Gogh di Saint-Rémy diawasi ketat. Dokter Peyron sempat menyatakan gejala bunuh diri pada van Gogh sudah sirna dan van Gogh pun juga menunjukkan perubahan sikap, meskipun sementara.

Bunuh diri dengan pistol mahal

Pada tanggal 27 Juli 1890 saat berumur 37 tahun, Vincent van Gogh menembaki dadanya sendiri dengan menggunakan sepucuk revolver Lefaucheux a broche 7mm. Tidak ada saksi mata pada saat kejadian berlangsung, dia meninggal dunia 30 jam kemudian.

Tidak diketahui bagaimana van Gogh bisa memiliki pistol revolver untuk bunuh diri, entah meminjam dari pemilik penginapan Auberge Ravoux di Auvers-sur-Oise atau beli sendiri. 

Pada 1965, seorang tukang kebun menemukan pistol revolver yang sudah berkarat tersebut di kebun belakang Auberge Ravoux. Dari hasil penemuan dan analisis pistol tersebut, muncul hipotesis bahwa pistol tersebut sengaja ditinggalkan, bukan disembunyikan, konfirmasi bahwa van Gogh memang ingin bunuh diri.

Awalnya, pistol tersebut disimpan di van Gogh Museum, Amsterdam. Pada Juni 2019, pistol pembunuh van Gogh dilelang oleh Art Auction seharga US$182.000 atau sekitar Rp2,6 miliar. Dibeli oleh seorang kolektor anonim, harga pistol tersebut tiga kali lipat lebih tinggi dari perkiraan awal.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network