Logo Network
Network

Pemeluk 3 Agama Hidup Harmonis, Desa Penghasil Kopi Temanggung Resmi Jadi Kampung Pancasila

Sulhanudin Attar
.
Minggu, 17 Juli 2022 | 16:38 WIB
Pemeluk 3 Agama Hidup Harmonis, Desa Penghasil Kopi Temanggung Resmi Jadi Kampung Pancasila
Pelepasan balon udara usai peresmian Kampung Pancasila di Desa Muncar, Kecamatan Gemawang, Temanggung, Kamis (14/7/2022). Foto dok. TPP P3MD Temanggung

TEMANGGUNG, iNewsSemarang.id – Pesona Desa Muncar, Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung makin moncer. Potensi desa wisata unggulan penghasil kopi yang telah mendunia ini, kembali diangkat melalui pencanangan Kampung Pancasila.

Kepala Desa Muncar, Sis Bambang, menyampaikan apresiasi kepada Kodim 0706/Temanggung yang telah menggagas pencanangan Kampung Pancasila. Pihaknya berharap, kehidupan beragama yang telah terjalin sejak dulu hingga sekarang dapat terus terjaga.

“Saya mengajak kepada seluruh warga agar nilai-nilai luhur Pancasila benar-benar diejawantahkan dalam kehidupan sehari-hari dan tak hanya menjadi slogan semata. Dengan demikian, kerukunan umat beragama yang terbangun sejak dulu tetap terawat dan terjaga dengan baik sampai kapanpun juga,” ungkapnya kepada kepada iNewsSemarang.id, Minggu (17/7/2022).

Senada, Pendamping Lokal Desa setempat, Mustafidin mengatakan pencanangan Desa Muncar sebagai Kampung Pancasila akan semakin mengangkat potensi desa dampingannya menuju desa mandiri. Menurutnya, tujuan dari program P3MD untuk mewujudkan desa yang kuat, maju, mandiri dan sejahtera akan tercapai ketika pemerintah memberdayakan masyarakat desa dalam pembangunan.

Dipilihnya Desa Muncar sebagai Kampung Pancasila bukan tanpa alasan. Pasalnya, desa yang dikelilingi Gunung Sumbing, Sindoro dan Prau ini, penduduknya menganut tiga agama yakni Budha, Kristen dan Islam. Meski menganut beragam agama, selama ini penduduknya hidup rukun berdampingan.

Follow Berita iNews Semarang di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini