get app
inews
Aa Read Next : Harga Naik Dua Kali Lipat, Bupati Khadziq Minta Petani Jaga Kualitas Kopi Temanggung

Pemeluk 3 Agama Hidup Harmonis, Desa Penghasil Kopi Temanggung Resmi Jadi Kampung Pancasila

Minggu, 17 Juli 2022 | 16:38 WIB
header img
Pelepasan balon udara usai peresmian Kampung Pancasila di Desa Muncar, Kecamatan Gemawang, Temanggung, Kamis (14/7/2022). Foto dok. TPP P3MD Temanggung

Muncar Penghasil Kopi Robusta Terbaik

Sebagai informasi, dilansir dari laman kemenkraf.go.id, Desa Muncar sebagai Desa Wisata dengan tagline Muncar Moncer secara filosofis berarti Cahaya, Pesona, Kedigdayaan dan Moncer berarti Kejayaan, Kesejahteraan, Kemakmuran.

Secara historis, di desa ini dulunya pernah terjadi pertikaian dua Raja yakni Kiageng Ari Anak dan Ki Ageng Kari Nongko. Dua raja itu bertikai dengan mengerahkan kekuatan bala tentara pasukan elang  Jawa dan tikus. Maka tak heran di desa ini terdapat 8 ekor Elang Jawa dan perbukitan yang dibuat rumah oleh ratusan ribu tikus.
Makam pendahulu berada di Dusun Muncar Lor Sudimoro dan sebagai bukti masih terdapat mahkota yang ditinggalkan.


Upacara Wiwit Kopi Muncar Moncer menjadi ritual yang digelar setiap tahun untuk mengenalkan kopi Desa Muncar. Foto dok. Kemenkraf

 

Sementara bukti prasasti VOC tahun 1619 yang berada di bukit Tanggulangsi desa Muncar, menandakan bahwa Muncar desa terbaik untuk pengembangan budidaya kopi Robusta. Selain itu, terdapat komoditi andalan lain, seperti panili, cengkeh, kemukus, aren, pisang tanduk khas Desa Muncar.

Untuk mengangkat kopi sebagai komoditas unggulan, tepat tahun 2019 Pemkab Temanggung membuat kegiatan Festival Panen Raya Kopi Sang Intan Merah Bumi Phala dan Lomba Tarung Seduh Barista tingkat Jateng-DIY dan Muncar Fun Brewing V60 Competition. Keduanya telah menjadi Calender of Event (CoE) andalan dan tahunan disetiap bulan Juli dan Agustus. Disamping juga memiliki event rutin upacara desa seperti Suronan, Sadranan, Wiwit Kopi dan Padi Dewi Sri.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut