get app
inews
Aa Read Next : Harga Naik Dua Kali Lipat, Bupati Khadziq Minta Petani Jaga Kualitas Kopi Temanggung

Pemeluk 3 Agama Hidup Harmonis, Desa Penghasil Kopi Temanggung Resmi Jadi Kampung Pancasila

Minggu, 17 Juli 2022 | 16:38 WIB
header img
Pelepasan balon udara usai peresmian Kampung Pancasila di Desa Muncar, Kecamatan Gemawang, Temanggung, Kamis (14/7/2022). Foto dok. TPP P3MD Temanggung

“Harapanya, dengan pencanangan Kampung Pancasila dan masyarakatnya makin memahami dan mengamalkan pilar-pilar serta nilai-nilai luhurnya, ke depan Desa Muncar makin Moncer dan Mancur,” kata Dandim 0706/Temanggung, Letkol Inf Denver Micha H Napu, melalui PJs Kasdim Kapten Armed Muhaimin, saat peresmian Desa Muncar sebagai Kampung Pancasila, Kamis (14/7/2022).


Penyerahan bantuan kepada para pelajar saat peresmian Kampung Pancasila di Desa Muncur. Foto dok. TPP P3MD Temanggung

 

Pencanangan status baru Desa Muncar tersebut mendapat sambutan positif Pemkab Temanggung. Bupati Temanggung Muhammad Al Khadziq, melalui Asisten Bidang Pemerintahan, Hukum dan Lingkungan Hidup Tri Raharjo, mengatakan pencanangan Kampung Pancasila penting untuk membumikan Pancasila ke dalam kehidupan sehari-hari masyarakat.

“Perbedaan justru memperkaya. Namun darinya kita bisa menemukan kesamaan, karena untuk membangun harus berembug mencari titik temu untuk membangun desa,” ungkapnya.

Diberitakan, Desa Muncar dicanangkan sebagai Kampung Pancasila ke-15 di Kabupaten Temanggung pada Kamis (14/7/2022) di obyek wisata Muncar Moncer di Dusun Muncar Gumuk, Desa Muncar, Kecamatan Gemawang.  

Pencanangan yang dihadiri jajaran Forkopimda Temanggung dan Forkopincam Gemawang ini ditandai dengan pemotongan pita yang disambut dengan tari gambyong dan Gending Gugur Gunung dari grup kesenian Wahyu Mudo Santoso Dusun Muncar Lor. Dengan pencanangan itu, Desa Muncar menjadi Kampung Pancasila ke-15 di Kabupaten Temanggung.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut