get app
inews
Aa Read Next : Respons Marsdya TNI Tonny Harjono Ditunjuk Jadi KSAU: Oh Alhamdulillah, Saya Malah Belum Tahu

Jokowi Sebut Nyapres Bukan Hanya Modal Elektabilitas, Pengamat Duga Sindir Ganjar Pranowo

Sabtu, 27 Agustus 2022 | 18:07 WIB
header img
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Foto : ist

JAKARTA,iNewsSemarang.id – Pernyataan Presiden Joko Widodo bahwa dalam pencapresan 2024 tidak hanya bermodalkan elektablitas, tidak menutup kemungkinan itu ditunjukkan kepada Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah.

Pengamat politik dari Voxpol Center Reseach & Consulting Pangi Syarwi Chaniago tidak memungkiri bahwa pernyataan tersebut ditujukan kepada Ganjar Pranowo.

“Jangan lupa, juga mungkin Jokowi memberikan kode sinyal bahwa Mas Ganjar jangan terlalu kepedean, terlalu confidance tinggi sebab PDIP belum tentu mengusung capres yang elektabilitasnya moncer,” ujarnya, Sabtu (27/8/2022).

“Apakah itu ditujukan ke Ganjar atau Puan,  kita bisa menangkap pesan dan sinyal itu bahwa elektabilitas Puan tidak semoncer Ganjar,”katanya lagi.

Dia mengatakan, ada beberapa alasan yang bisa menguatkan pernyataan Jokowi itu sebagai sinyal kuat memberikan dukungan kepada Puan. Di antaranya PDIP sudah memberikan kode keras bahwa elektabilitas yang moncer atau tinggi tidak menjadi preferensi menentukan soal dukungan capres.

“Karena mungkin PDIP menyadari bahwa kebutuhan Indonesia tidak bisa hanya semata indikator elektabilitas,” kata Pangi.

“Selain itu, apakah nanti PDIP konsisten atau ditaklukkan oleh kehendak dan realitas politik, di ujung bakal mengusung yang mungkin elektabilitasnya tinggi, yang bakal menang? Atau tetap konsisten mendukung capres yang mengakar di parpol, yang ideologis dan punya narasi kebangsaan yang dibutuhkan untuk menjawab tantangan ke depannya,” paparnya.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut