get app
inews
Aa Read Next : Penampakan Ribuan Mobil Mewah Terendam Banjir di Dubai Ditinggal Pemilik

Gegara Anak Juara 3 Lomba Bulu Tangkis Dihadiahi Rp50 Ribu, Orang Tua Curhat di Medsos

Senin, 29 Agustus 2022 | 23:45 WIB
header img
Piagam penghargaan dan pecahan kertas Rp50.000, yang diunggah orang tua peserta kejuaraan bulu tangkis. Foto : tangkapan layar

 

PEKALONGAN, iNewsSemarang.id  - Seorang warga cuhat di media sosial setelah anaknya yang merebut juara 3 pada kejuaraan bulu tangkis di Kabupaten Pekalongan  hanya mendapatkan uang pembinaan Rp50 ribu, piala dan piagam penghargaan. Kejuaraan itu diklaim bertajuk Bupati Cup.

Postingan itu pun membuat heboh dunia maya. Pasalnya orang tua si anak tadi memposting piagam pengargaan berikut uang kertas Rp50 ribu. Anaknya sebelumnya ikut  kejuaraan bulutangkis pada 28-29 Agustus 2022 di GPU Kajen Pekalongan.

Pengunggah tersebut sangat menyesalkan uang pembinaan yang tidak sebanding dengan biaya pendaftaran . Terlebih dalam brosur, biaya pendaftaran tertulis 100K untuk tunggal dan ganda 150 K.

Ketua Umum PBSI Kabupaten Pekalongan, Nur Wahid,  saat dikonfirmasi membenarkan jika  PBSI menggelar kejuaraan bulutangkis Bupati Cup 2022 dengan hadiah Rp50.000 bagi juara III untuk anak-anak.  Sementara hadiah juara I Rp125.000. Sedangkan untuk biaya pendaftaran sebesar Rp100.000.

“Kami meminta maaf karena kurang teliti soal nominal hadiah berupa uang tersebut. Kami akan segera evaluasi mengenai masalah ini dan segera melaporkan ke bupati,” kata Nur Wahid.

Pada pertandingan tersebut diikuti sekitar 110 atlet dari berbagai kelompok umur. Terdapat 10 nomor yang dipertandingkan dengan hadiah bervariasi.

Bupati Pekalongan, Fadia A Rafiq mengaku tidak mengetahui adanya hadiah yang hanya Rp50.000.

“Saya sudah meminta agar KONI Kabupaten Pekalongan memanggil dan meminta keterangan  panitia. Yang jelas, saya tidak tahu ada Bupati Cup kejuaraan bulutangkis dan hadiahnya hanya Rp50.000,” kata Fadia.

Sementara itu, Ketua umum KONI Kabupaten Pekalongan Suryan sangat menyayangkan dan meminta maaf adanya kejadian tersebut yang membuat peserta kejuaraan kecewa.

“Kami meminta maaf telah terjadi masalah ini. Kami akan menambahi uang pembinaan atlet, total Rp4 juta ke semua pemenang, atau sebanyak Rp100.000 per pemenang dengan jumlah 40 orang atlet dari uang pribadi,” ucapnya.

Total ada  9 cabang olah raga yang dipertandingkan selama bulan Agustus 2022. Kejuaraan diselenggarakan untuk peningkatan prestasi atlet, sekaligus memeriahkan HUT Kabupaten Pekalongan ke 400.

“KONI memberikan bantuan atau subsidi pada masing-masing cabor yang menyelenggarakan pertandingan, antara Rp5 Juta sampai Rp10 juta. Semua berjalan lancar dan hanya bulutangkis yang ada masalah,” katanya.(mg arif)

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut