get app
inews
Aa Read Next : 10 Atlet Disabilitas Intelektual Asal Jateng Wakili Indonesia Berlaga di Dhaka Bangladesh

Pelantun Alquran di Pembukaan Piala Dunia 2022 Ternyata Penyandang Disabilitas Multitalenta

Senin, 21 November 2022 | 13:50 WIB
header img
Ghanim Al Muftah, penyandang disablitas yang melantunkan ayat suci Alquran di pembukaan Piala Dunia 2022. Foto : Reuters

LONDON, iNewsSemarang.id – Sosok pelantun Alquran dalam pembukaan Piala Dunia di Qatar, Minggu (20/11/2022) ternyata penyandang disabilitas multitalenta. Namanya Ghanim Al Muftah. Dalam sekejap, ia banyak disorot setelah tampil dalam pembukaan Piala Dunia 2022.

Pada upacara pembukaan itu, Ghanim Al Muftah tampil bersama aktor kawakan Morgan Freeman. Dalam satu kesempatan, ia melantunkan satu ayat Alquran yakni Sura Al Hujurat ayat 13. Media dari berbagai negara pun mengangkat sosok pria 20 tahun yang memiliki keterbatasan fisik itu.

Ghanim sebenarnya bukan orang yang tiba-tiba muncul dan terkenal setelah pembukaan Piala Dunia 2022. Dia adalah pengusaha muda, mengelola beberapa akun media sosial seperti Instagram dan YouTube, dan berkuliah di Universitas Loughborough, Inggris.

Dia kerap memberikan pidato motivasi pada kontennya, memberikan semangat kepada orang lain.

Ghanim juga pernah menjadi pembicara di TEDxQatarUniversity pada 2018, saat itu masih berusia 16 tahun. Dia membahas tentang kondisi dirinya yang menderita Caudal Regression Syndrome (CRS). Sejak lahir Ghanim sudah menderita CRS suatu kondisi yang memengaruhi perkembangan bagian bawah tubuh, termauk tulang belakang, tungkai, kandung kemih, usus, dan usus.

Tulang di tubuh bagian belakang bawah tumbuh tidak normal atau bahkan tak ada. Kondisi ini seringkali juga memengaruhi bagian dada yang membuat penderitanya sulit bernapas.

Dokter pernah memberi tahu ibunya bahwa Ghanim tak akan bisa bertahan lama. Berdasarkan perhitungan medis usia Ghanim diperkirakan bertahan maksimal 15 tahun. Namun karena tekad yang kuat untuk bertahan ditambah dorongan semangat dari keluarga, analisis medis itu tak terbukti pada dirinya.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut