get app
inews
Aa Read Next : Penuh Haru, Tim Baksos Polda Jateng Berbagi Kebahagiaan Natal Bersama Masyarakat

Pimpin Misa di Malam Natal, Paus Fransiskus Prihatin Penderitaan Akibat Perang

Minggu, 25 Desember 2022 | 16:39 WIB
header img
Paus Fransiskus, pemimpin Umat Katolik saat menyampaikan pidato di Misa malan Natal. Foto : REUTERS

VATICAN CITY, iNewsSemarang.idPaus Fransiskus memimpin umat Katolik jelang Natal pada Sabtu (24/12/2022) malam, waktu Vatikan. Dalam kesempatan itu, dia menyinggung soal dampak perang dan berbagai konflik di dunia yang membuat rakyat sengsara dan ikut jadi korban.

Ketika memimpin Misa Malam Natal di Basilika Santo Petrus, Paus Fransiskus menyampaikan homili (pidato) di hadapan sekitar 7.000 jemaat yang hadir di sana. Sementara sekitar 4.000 orang lainnya berpartisipasi di luar Lapangan Santo Petrus.

 “Para laki-laki dan perempuan di dunia kita, dalam kelaparan mereka akan kekayaan dan kekuasaan, bahkan memakan tetangga mereka, saudara laki-laki dan perempuan mereka,” kata paus.

“Berapa banyak perang yang telah kita saksikan! Dan di berapa banyak tempat, bahkan hari ini, martabat dan kebebasan manusia diperlakukan dengan hina!” ujar pemimpin agama Katolik itu.

Sejak Rusia melancarkan agresi militer terhadap tetangganya, Ukraina, pada Februari lalu, Paus Fransiskus berulang kali menyampaikan sikapnya menentang perang di hampir setiap acara publik. Setidaknya dua kali seminggu, dia mencela tindakan Rusia, yang dia sebut sebagi kekejaman dan agresi yang tidak beralasan.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut