get app
inews
Aa Read Next : Kantongi Izin BPOM, Vaksin Pfizer Bakal Diberikan Cuma-cuma untuk Balita dan Anak-anak

Tak Ingin Imunitas Anak Menurun? Hindari 4 Hal ini

Sabtu, 07 Januari 2023 | 11:22 WIB
header img
ilustrasi anak sakit. foto Pixabay

4. Stres dan kecemasan

Stres dan kecemasan adalah dua hal yang tidak boleh dianggap remeh, apalagi diabaikan tanda-tanda kemunculannya.

Stres bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh anak dengan cara memproduksi lebih sedikit sel darah putih yang berperan melawan kuman dan infeksi. Ketika anak stres atau cemas, maka cadangan nutrisi akan diarahkan dari sistem lain, seperti sistem kekebalan, reproduksi, dan pencernaan untuk membantu respons melawan atau berlari.  

 

Bisa dikatakan, fungsi lain dijeda atau dihentikan untuk mengatasi ancaman yang menyebabkan anak lebih sering sakit atau menderita masalah lain, seperti sakit perut atau sakit kepala.

Jika dibiarkan dalam jangka panjang, stres bisa menyebabkan keausan yang dapat merusak kekebalan tubuh anak, sehingga mereka lebih mudah terkena penyakit kronis.

Ada beberapa makanan yang bisa membantu meningkatkan kesehatan mental anak dan mengurangi kecemasan. Beberapa nutrisi seperti zinc, vitamin B, dan asam lemak omega-3 berperan penting untuk sistem saraf dan fungsi otak yang optimal pada anak.

Stres juga bisa diatasi dengan meningkatkan pola makan anak. 

Praktik mindfulness seperti bermain di luar ruangan, melatih rasa syukur, dan mengajak anak berlatih Yoga juga bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari untuk meminimalisir stres pada anak. (Mg/Revina).

Editor : Miftahul Arief

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut