get app
inews
Aa Read Next : Mbak Ita Tegaskan Perlunya Penanganan dari Hulu untuk Atasi Permasalahan Sampah

Ternyata Manusia Juga Nyampah di Luar Angkasa, Kok Bisa?

Rabu, 11 Januari 2023 | 08:04 WIB
header img
Ilustrasi Sampah Luar Angkasa. (Foto: AFP)

SEMARANG, iNewsSemarang.id – Salah satu tantangan di Indonesia adalah sampah. Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) juga mengatakan bahwa persoalan sampah masih belum juga selesai sejak ia memimpin kota Solo, Jawa Tengah. 

Namun ternyata, tak hanya di Indonesia saja masalah sampah harus diperhatikan. Di luar angkasa pun masalah sampah mulai menjadi perhatian. Mengapa demikian? Masalah sampah di ruang angkasa semakin tidak bisa terkendali. Saat ini, banyak ilmuwan yang mulai kebingungan, mengingat aktivitas manusia di luar angkasa semakin tinggi sejak satelit pertama kali diluncurkan pada 1957.

Jumlah sampah angkasa yang meng-orbit Bumi melebihi 9.000 metrik ton pada tahun 2022. Sampah ini terdiri dari pesawat ruang angkasa yang tidak berfungsi, bagian pesawat luar angkasa yang ditinggalkan, dan puing-puing fragmentasi.

Tak hanya itu, sampah bertambah sebanyak lebih dari 3.509 keping puing pada tahun 2007 silam. Sampah ini disebabkan oleh rudal yang diluncurkan oleh China untuk menghancurkan satelit cuaca lama dalam uji-satelit. Belum lagi puing yang diakibatkan oleh tabrakan antar-Satelit.

Seperti satelit aktif AS, Iridium 33, dan satelit militer Rusia yang tidak berfungsi, Kosmos 2241, yang bertabrakan pada 2009 lalu. Puing-puing ini lah yang menguasai sepertiga dari puing luar angkasa yang diketahui. 

Saat ini, diketahui ada lebih dari 25.00 objek yang lebih besar dari 10 cm ada di luar angkasa. Seperti yang dilansir oleh Metro, lebih dari 100 juta partikel lebih besar dari 1 mm.

Sebagain besar, jarak puing orbit adalah 2.000 km dari permukaan Bumi degan konsentrasi puing terbesar ditemukan sekitar 750-1000 km. Ketika di atas 1.000 km, puing-puing tersebut akan terus beredar di Bumi selama seribu tahun atau lebih.

Hal ini menunjukkan bahwa Bumi dikelilingi oleh cangkang puing yang meng-orbit dengan kecepatan sekitar 7-8 km/detik. Para ilmuwan dibuat kebingungan akan bagaimana mengatasi masalah sampah luar angkasa ini.

Editor : Agus Riyadi

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut