get app
inews
Aa Read Next : Kisah Sukses Nurdin Hakim Usman, Raup Omzet Ratusan Juta dari Bisnis Top Up Game Online

Tanam Bayam Jepang, Petani Milenial Ini Berpenghasilan Rp8 Juta per Minggu

Jum'at, 14 April 2023 | 22:52 WIB
header img
Andi Pribadi yang dulu bekerja di bengkel, kini berpenghasilan Rp8 juta perminggu dari bertani dengan komoditas bayam Jepang. Foto: Youtube/Kementerian Pertanian

iNewsSemarang.idKisah sukses Panji Pribadi menarik untuk diulas. Berbeda dari kebanyakan anak-anak muda, mojang asal Bandung ini justru memilih petani sebagai profesinya. Namun jangan salah, penghasilan petani milenial ini Rp 8juta per minggu!

Anehnya, Panji bukanlah lulusan pertanian. Latar belakang pendidikannya di bidang otomotif. Dulu ia bekerja di bengkel. Namun pada 2019, ia mulai beralih profesi menjadi petani. Kini ia tergabung di kelompok tani Macakal di Lembang, Bandung.

Panji memilih tanaman bayam Jepang, atau horenso. Ia mengaku tak punya lahan, ia bertani dengan menyewa lahan milik orang lain dengan biaya Rp75 juta per tahun. Nominal itu terbilang mahal, namun ia berhasil membayarkan sewa lahannya tiap tahun.

“Hati saya enggak enak. Waktu saya lagi libur, saya kepikiran. Kenapa saya sampai cari kerja di luar. Sedangkan di kampung saya sendiri, di Cibodas ini potensi berwirausahanya luas. Salah satunya ya pertanian ini,” tutur Panji, dikutip dari channel Youtube Kementerian Pertanian RI (14/4).

Bagaimana kisah perjalanan Panji merintis bisnis pertaniannya hingga sukses? Simak ulasannya berikut ini.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut