get app
inews
Aa Read Next : Kisah Sukses Nurdin Hakim Usman, Raup Omzet Ratusan Juta dari Bisnis Top Up Game Online

Tanam Bayam Jepang, Petani Milenial Ini Berpenghasilan Rp8 Juta per Minggu

Jum'at, 14 April 2023 | 22:52 WIB
header img
Andi Pribadi yang dulu bekerja di bengkel, kini berpenghasilan Rp8 juta perminggu dari bertani dengan komoditas bayam Jepang. Foto: Youtube/Kementerian Pertanian

Jadi Jutawan dari Menanam Bayam Jepang

Awal mula Panji mengenal kelompok tani Macakal adalah dari kakaknya yang tak lain adalah ketua kelompok Macakal. Sang kakak lah yang berjasa mengenalkannya pada pertanian, membuatnya mengerti bahwa bertani bukanlah hal yang memalukan.

“Saya dirangkul kakak. Saya dikasih tau, ‘Nih, bertani itu luas. Enggak cuma kotor-kotoran saja’,” ujar Panji.

Panji akhirnya mencoba bertani, ia memilih tanaman bayam Jepang atau Horenso. Ia bertani di lahan seluas 1,2 hektare, dengan biaya sewa Rp75 juta per tahun. Bagaimana caranya ia bisa membayar sewa?

Panji mengaku konsep bertani yang ia terapkan menjamin penjualan yang stabil. Ia mengaku menjual ‘konsep’ bertani alih-alih menjual hasil panen belaka. Konsep yang ia terapkan menjamin kontinuitas pasokan bayam kepada pembeli.

Ia juga mengelola lahan pertanian milik mitranya di beberapa tempat. Antara lain Parongpong dan Cilumber. Ia mengambil pasokan dari seluruh lahan yang ia kelola, lantas menjualnya lewat divisi penjualan Macakal.

Proses bercocok tanam bayam Jepang diakuinya cukup mudah, SOP pengerjaannya dari penyemaian hingga panen pun ringan. Lokasi lahan pun mendukung pertumbuhan horenso. Menurut Panji, horenso akan tumbuh optimal di atas ketinggian 800 mdpl, sementara ketinggian Lembang adalah 1.200 mdpl.

“Kita tanam per minggu itu dari 6.000 sampai 8.000 pohon karena pasokan ke buyer harus kontinu. Per minggu tanam beda lahan. Pemupukan susulan cukup seminggu sekali. Makanya saya pilih horenso, karena mudah,” lanjut Panji.

Ia pun mengaku mendapatkan keuntungan yang lumayan. Harga horenso per kilogram adalah Rp15.000, dengan HPP Rp5.000 per kilo, yang artinya ia mendapatkan margin Rp10.000 per kilo.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut