get app
inews
Aa Read Next : El Nino Datang, Ilmuwan Cemaskan Suhu Ekstrem

Ilmuwan Temukan 300 Triliun Pohon di Bumi, Lebih Banyak dari Jumlah Bintang di Bima Sakti

Minggu, 30 April 2023 | 21:25 WIB
header img
Para ilmuan meneliti jumlah pohon di bumi dengan menggunakan bantuan komputer untuk menganalisis area yang telah ditentukan berdasarkan citra satelit. Ilustrasi

Hasil penelitian terbaru mengungkap sebanyak 300 triliun pohon menghuni bumi. Jumlah pohon ini lebih banyak dari dari jumlah bintang di galaksi Bima Sakti.
Temuan itu diungkap para ilmuan dari data para sukarelawan dan organisasi lingkungan hidup.

Menggunakan bantuan komputer, para ilmuwan menganalisis area yang telah ditentukan berdasarkan citra satelit. Kemudian mereka menyesuaikannya dengan data yang diterima. Hasilnya, ditemukan bahwa jumlah pohon di Bumi mencapai 3 triliun pohon.

Sebelumnya, tim dari Universitas Yale di New Haven, Connecticut, AS hanya berhasil menghitung jumlah pohon di angka 400 miliar. Namun dengan penelitian skala besar ini, datanya lebih akurat dengan hasil 8 kali lipat lebih banyak.

Dengan jumlah pohon di Bumi mencapai 3 triliun pohon, dapat disimpulkan bahwa ada sekitar 420 pohon untuk setiap satu orang. Angka ini jauh lebih besar dari jumlah bintang di Bima Sakti yang diperkirakan berjumlah 400 miliar bintang.

Dilansir dari World Atlas, Minggu (30/4/2023), jumlah bintang tersebut didapat dari evaluasi massa galaksi yang telah dilakukan para astronom. Ini bisa dilakukan dengan mengamati perputaran galaksi pada porosnya.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut