get app
inews
Aa Read Next : Miris! Gaji Guru Honorer Masih Rendah, 20 Persen Berpenghasilan di Bawah Rp500.000

Derita Sularno, Guru Honorer Bergaji Rp500.000 Dituntut 1 Tahun Penjara dan Denda Rp60 Juta

Kamis, 04 Mei 2023 | 11:07 WIB
header img
Sularno, guru honorer di Musi Rawas menghadapi tuntutan satu tahun penjara karena dilaporkan orang tua siswa. (Foto: Era N)

MUSI RAWAS, iNewsSemarang.id - Seorang guru honorer bernama Sularno di SD Negeri Sungai Naik, Kecamatan BTS Ulu, Musi Rawas, Sumsel sedang menanti vonis di Pengadilan Negeri Lubuklinggau. Guru olahraga berusia 34 tahun itu harus berurusan dengan hukum usai dilaporkan salah satu wali murid karena diduga melakukan penganiayaan saat mendisiplinkan murid.

Kini, bapak dari dua anak itu hanya bisa pasrah menghadapi tuntutan satu tahun penjara dan denda Rp60 juta. Pasalnya, berbagai upaya telah dilakukan Sularno, siswa dan rekan seprofesinya agar dimaafkan dan bebas dari tuntutan penjara dan denda. 

Selama menjadi guru, Sularno diketahui hanya bergaji Rp500 ribu setiap bulannya. Ia didakwa melakukan tindak pidana penganiayaan saat memberikan hukuman ke salah satu muridnya.

Laki-laki yang sudah mengajar sejak 2013 itu merupakan guru mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Selama bertugas ia mengajar kelas 1 hingga kelas 6. Sularno merupakan satu-satunya guru PJOK di sekolah tersebut.

Kepala SD Negeri Sungai Naik, Kurnai berharap Sularno bisa segera dibebaskan. Sebab, tanpa Sularno, sekolah tersebut tak memiliki guru PJOK.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut