get app
inews
Aa Read Next : Asal Usul dan Sejarah Kota Semarang Jawa Tengah, Sempat Jadi Wilayah yang Diserahkan ke VOC

Misteri Masjid Tiban Ngawen, Awalnya di Puncak Gunung Gambar Kini di Pekarangan Rumah

Selasa, 12 Maret 2024 | 16:17 WIB
header img
Masjid Tiban Ngawen Gunungkidul. (Erfan Erlin)

GUNUNGKIDUL, iNewsSemarang.id Penyebaran agama Islam di Gunungkidul menyimpan berbagai cerita yang terkadang hingga saat ini masih menjadi misteri.

Mulai dari banyaknya petilasan termasuk masjid Sunan Kalijaga, hingga keberadaan masjid-masjid Tiban yang konon selalu 'dibawa' oleh Sunan Kalijaga setiap melaksanakan sholat di suatu tempat peristirahatan.

Salah satu Masjid Tiban yang sampai saat ini masih berdiri tegak dan bangunannya dibiarkan tak banyak mengalami perubahan adalah yang berada di Padukuhan Jurangjero, Kalurahan Jurangjero Kapanewon, Kecamatan Ngawen, Gunungkidul.

Masjid tersebut berada di sebuah pekarangan rumah warga yang kini menjadi penjaga masjid tersebut, yakni Manto Suwitnya.

Masjid itu tak seperti kebanyakan yang memiliki ukuran cukup besar dan mampu menampung banyak jemaah. Masjid Tiban Ngawen itu mungkin bisa disebut masjid paling kecil di dunia karena hanya berukuran 4x4 meter persegi dan tinggi dari lantai ke atap hanya sekira 2 meter.

Bangunan masjid sebenarnya lebih mirip dengan rumah panggung pada umumnya di Yogyakarta. Di mana bangunan ini dibuat tanpa paku dengan dinding dari anyaman bambu dan atap terbuat dari ilalang kering.

Masjid Tiban di Gunungkidul ini tidak dibangun dengan fondasi dari semen hanya berupa kayu berukuran besar yang didirikan dengan tehnik pantek.

Di depan masjid ini terdapat gentong alias tempayan yang terbuat dari tanah liat. Gentong ini untuk menampung air yang bisa digunakan untuk wudlu. 

Editor : Ahmad Antoni

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut