get app
inews
Aa Read Next : Sosok Dian Andriani Kowad Pertama Raih Pangkat Mayjen, Pernah Bertugas di Kesdam Diponegoro

Kisah Agus Rohman, Anak Tukang Sepatu yang Berhasil Jadi Jenderal TNI

Rabu, 20 Maret 2024 | 07:24 WIB
header img
Letnan Jenderal TNI (Purn) H Agus Rohman. (IST)

Bakat kepemimpinannya telah terlihat bahkan saat ia belum memimpin. Organisasi yang pertama kali ia pimpin adalah kelas. Di sekolah dasar, ia sudah terbiasa menjadi pemimpin.

Agus dipercaya menjadi ketua kelas, posisi ini kemudian berlanjut hingga memasuki SMP, dan jenjang pendidikan berikutnya. Dalam perkembangannya, kebiasaan untuk memimpin ini tidak hanya di lingkungan dan kegiatan formal sekolah, tetapi dalam berbagai kegiatan lainnya.

Karakter kepemimpinan mulai terlihat sejak kecil hingga remaja. Di lingkungan rumahnya, ia didaulat sebagai Ketua Karang Taruna. Ia juga kerap ditunjuk menjadi seorang kapten tim sepak bola dan bola voli dengan nama Putra Babakan (nama daerah rumah Agus Rohman).

Jiwa kepemimpinan yang dimilikinya ini menyebabkannya sering kali dipanggil dengan julukan "Kapten" oleh lingkungan pergaulannya. Dapat dikatakan, ia selalu dijuluki kapten bahkan sebelum menjadi tentara.

Pada 1976, Agus muda bersekolah di SMP Negeri Sayati (sekarang SMP Negeri 2 Margahayu). Setiap hari, ia berangkat sekolah dengan berjalan kaki sejauh enam kilometer.

Saat itu, wilayah Cibaduyut dan Margahayu masih sepi, tidak banyak kendaraan yang hilir-mudik. Namun, justru itu membuatnya menjadi lebih disiplin. Pada pukul 06.00 WIB, Agus sudah harus berangkat sekolah. Jika terlambat berangkat, tentu saja ia akan terlambat masuk.

Selain itu, bentuk kedisiplinan yang Agus muda terapkan pada dirinya adalah dengan membuat jadwal. Ia membuat jadwal untuk mengatur dirinya sendiri. 

Agus benar-benar mengatur jam belajar, jam bermain, jam mencuci baju, dan jam istirahat. Di antara saudara kandungnya, Agus muda adalah satu-satunya anak yang membuat jadwal.

Tahun 1980, ketika masuk SMA, barulah Agus muda menyukai voli. Dengan timnya yang diberi nama Putra Babakan, ia sering mengikuti pertandingan pada kejuaraan voli daerah.

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut