get app
inews
Aa Read Next : Kisah Haru Putrie Aura Hermawan, Qoriah dan Penghafal Al-Qur'an Temani Ibu Berangkat Haji

Kisah Halima Hadi Alfina, Berangkat Haji di Usia 18 Tahun Berkat Nabung Honor Menari sejak TK

Rabu, 29 Mei 2024 | 13:15 WIB
header img
Halima Hadi Alfina saat menceritakan pengalaman bisa berangkat haji di usia 18 tahun. (Andryanto Wisnuwidodo)

Hasil lomba itu menambah pundi-pundi tabungan hajinya. Halima dan keluarga seharusnya berangkat haji pada 2020. Namun, wabah Covid-19 membuat keberangkatan Alfina, kedua orang tua, dan kakak-kakaknya tertunda hingga 2024. 

Namun, hal ini membuat Alfina semakin mandiri. Dia membawa bekal yang cukup untuk berangkat haji tahun ini dari keringatnya sendiri. Dia membeli barang kebutuhannya, seperti gamis seharga 100 riyal atau sekitar Rp430.000, tanpa meminta orang tua. Dia juga membeli berbagai barang oleh-oleh untuk teman-temannya yang titip. 

Halima bisa sukses menabung karena disiplin dalam mengelola uang. Saat sekolah, dia tak pernah jajan di luar. Dia memilih membawa bekal ke sekolah. Dia juga tak terobsesi harus sama dengan teman-temannya, yang setiap saat mengikuti model dan perkembangan teknologi. 

Gadis yang bercita-cita menjadi dokter gigi ini juga tak merasa kuper atau ketinggalan zaman dengan pilihannya itu. Jumiyati, ibunda Halima, mengaku mengajarkan disiplin mengelola keuangan kepada anaknya. 

Kepala sekolah di Semarang ini mendidik anaknya agar berbelanja sesuai kebutuhan, bukan keinginan. "Kalau dia minta HP terbaru, misalnya, saya beri pengertian dia belum butuh, karena kebutuhan dia hanyalah untuk belajar," ujar Jumiyati.
 

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut