get app
inews
Aa Read Next : 5 Hikmah Peristiwa Isra Mi’raj untuk Direnungkan Umat Muslim

Mengenal Isra Mi’raj, Perjalanan Spirtual Nabi Muhammad Hingga Turunnya Perintah Sholat Lima Waktu

Jum'at, 25 Februari 2022 | 18:50 WIB
header img
Foto: Ilustrasi/Ist

JAKARTA, iNewsSemarang.id – Umat Islam akan segera menyambut Isra Mi'raj yang menurut penanggalan masehi akan jatuh pada Senin, 28 Februari 2022. Apa sebenarnya Isra Mi’raj itu, ada peristiwa apa pada momen itu, kapan terjadi dan apa keistimewaannya?

Isra Mi’raj merupakan perjalanan spiritual yang dialami Nabi Muhammad SAW. Peristiwa agung itu terjadi pada tanggal 27 Rajab tahun 621 M, yaitu 3 tahun sebelum hijrah. Tanggal inilah yang setiap tahun diperingati sebagai hari Isra Mi’raj oleh umat muslim di seluruh dunia.

Pengertian Isra Mi'raj

Kata Isra berasal dari bahasa Arab yang berarti perjalanan malam, sedangkan menurut istilah Isra’ adalah perjalanan Nabi Muhammad Saw. pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil ‘Aqsha atau Baitul Maqdis di Palestina.

Mi’raj berarti naik atau menuju keatas, menurut istilah Mi’raj adalah naiknya Nabi Muhammad Saw. dari Masjidil ‘Aqsha menuju ke al Arsy (Sidrotul Munthaha) untuk menghadap Allah Swt. Isra’ Mi’raj adalah pertolongan dari Allah SWT untuk Nabi yang mulia ini.

Peristiwa Isra Mi'raj terjadi pada malam ke-27 Rajab dari tahun ke-10 masa kenabian. Ketika Rasulullah tertidur, tiba-tiba Jibril mendatangi Nabi SAW dengan membawa Buraq yang dapat berlari kencang laksana kilat.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut