get app
inews
Aa Read Next : Bos Jual Beli Anjing Mampu Pasok 400 Ekor Setiap Bulan dari Subang

Arkeolog Temukan Gua Kisah Pemuda Tidur 309 Tahun yang Dikisahkan Alquran

Selasa, 29 Maret 2022 | 05:28 WIB
header img
Ilmuwan beberkan bukti kisah pemuda tidur 309 tahun (foto: shutterstcok)

Semarang. iNewsSemarang.id - Dalam Al-quran disebutkan kisah para pemuda ashabul kahfi yang ditidurkan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala di dalam gua selama ratusan tahun. 

Nah, ternyata kisah yang diungkapkan dalam ayat-ayat suci Alquran itu belakangan terungkap persis melalui penelitian, berabad-abad setelahnya. Dikutip dari Okezone berikut tulisan terkait arkeolog Temukan Gua Kisah Pemuda Tidur 309 Tahun yang Dikisahkan Alquran

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Surah Al Kahfi Ayat 18 yang menggambarkan sejumlah pemuda tinggal dan tertidur di dalam gua selama lebih kurang 309 tahun.

وَتَحْسَبُهُمْ أَيْقَاظًا وَهُمْ رُقُودٌ ۚ وَنُقَلِّبُهُمْ ذَاتَ الْيَمِينِ وَذَاتَ الشِّمَالِ ۖ وَكَلْبُهُمْ بَاسِطٌ ذِرَاعَيْهِ بِالْوَصِيدِ ۚ لَوِ اطَّلَعْتَ عَلَيْهِمْ لَوَلَّيْتَ مِنْهُمْ فِرَارًا وَلَمُلِئْتَ مِنْهُمْ رُعْبًا

Artinya: "Dan kamu mengira mereka itu bangun, padahal mereka tidur; Dan kami balik-balikkan mereka ke kanan dan ke kiri, sedang anjing mereka mengunjurkan kedua lengannya di muka pintu gua. Dan jika kamu menyaksikan mereka tentulah kamu akan berpaling dari mereka dengan melarikan diri dan tentulah (hati) kamu akan dipenuhi oleh ketakutan terhadap mereka."

Dikutip dari 'Buku Pintar Sains dalam Alquran', setelah lebih dari 14 abad, ulasan Alquran tentang para penghuni gua atau ashabul kahfi berlalu sampai hari ini. Seorang arkeolog Yordania, Rafiq Wafa Ad-Dujaniy, menemukan letak gua tersebut di daerah Ar-Raheib di Yordania pada 1963. 

Itulah gua tempat sejumlah pemuda tertidur setelah melarikan diri menyelamatkan agama dan iman mereka dari ancaman Raja Dikyanus.

Di dalam gua itu ditemukan adanya delapan kuburan, persis sejumlah yang disebutkan dalam Alquran. Di dekat pintu gua ditemukan kerangka rahang atas anjing yang diriwayatkan ikut bersama dan menjaga mereka.

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut